Toko Permen Sweety – Perkalian dan pembagian dengan manik susun

tokopermensweetySore itu Lisa pulang dari Klub Memasak lewat jalan Rindang. Selama ini ia jarang melewati jalan setapak itu karena agak memutar. Biasanya ia ambil jalan pintas lewat Pasar Beringin. Walaupun jalannya suka becek di musim hujan, ia bisa lebih cepat sampai di rumah. Tapi semenjak mengantar Karina temannya belanja ke Toko Sweety di jalan Rindang minggu lalu, ia selalu menyempatkan diri lewat jalan itu.

“Hai Lis!” Sapa Mira, anak pemilik toko permen Sweety. Ia sedang merapikan pajangan toples permen di depan tokonya. Lisa tersenyum dan melambai padanya.

“Sini, mampir sebentar yuk, ada permen marshmellow rasa baru nih.” Ajak Mira ketika Lisa mendekat.

Ya, inilah alasan Lisa sekarang senang lewat jalan ini. Selain karena ia ingin ngobrol dengan Mira, teman barunya itu juga senang memberi permen marshmellow kesukaan Lisa. Setiap Lisa mampir, ia selalu membekalinya 3 permen untuk perjalanan pulang. Lisa tentu tidak menolak. Hmm… dalam minggu ini saja dia sudah lewat disini setiap hari. Kalau dihitung-hitung, sudah berapa ya permen yang dikasih Mira?

Perkalian

Lisa pun sibuk menghitung. Hari Senin ia mendapat 3 permen coklat. Hari Selasa dapat 3 permen strawberry. Hari Rabu giliran 3 permen blueberry masuk ke kantongnya. Hari Kamis Mira memberinya 3 permen kopi. Hari Jumat ada permen marshmellow rasa mangga. Hari Sabtu dapat 3 permen rasa melon. Hari ini hari minggu, dan ia kembali dapat 3 permen rasa tiramisu.

Sudah 7 hari berturut-turut, lho! Hmm… Berarti sudah 7 kali Lisa mendapat 3 permen. Kalau kita jumlahkan…

3 + 3 + 3 + 3 + 3 + 3 = 7 kali 3 permen = 7 x 3 = 21

Wah, Lisa sudah dapat 21 permen! Terima kasih Mira :D

Tips: Untuk mendemonstrasikan konsep perkalian dan pembagian 1-10 dengan manik susun, Anda dapat memakai worksheet Galaksi Bintang Sepuluh ini. Dalam perkalian, gambar galaksi dipakai sebagai tempat manik yang akan dikalikan, sedangkan bintang untuk tempat puluhan dan satuan hasilnya.

Contoh: Untuk menunjukkan 7 kali 3, ambil 3 manik dan letakkan di galaksi paling atas. Lalu ambil 3 manik lagi dan letakkan di sebelahnya. Teruskan sampai ada 7 galaksi yang berisi 3 manik. Untuk menghitung jawabannya, minta anak menyusun semua manik dengan mengelompokkan per sepuluh. Letakkan manik susun puluhan dan satuan pada bintang, itulah jawabannya.

Anda juga bisa menunjukkan perbedaan arti 7 x 3 dengan 3 x 7 dengan worksheet ini. Ohya, untuk perkalian 10 x 10, hasil susunan manik (berupa ratusan) bisa diletakkan ditengah kedua bintang tsb yaa ^_^

Pembagian

Keesokan harinya Mira menelpon Lisa.

“Lis, Minggu ini ada acara Jalan Sehat Keluarga di alun-alun. Kamu ikut ngga?” tanya Mira.

“Eh, iya aku ikutan kok. Kamu lagi ngga jaga toko, Mir?” kata Lisa.

“Ngga sih, tapi aku kebagian tugas bagiin permen buat peserta.”

“Oh gitu…” Tiba-tiba Lisa dapat ide. Selama ini kan Mira selalu baik padanya, kini saatnya Lisa membalas kebaikan temannya itu. “Eh Mir, kita ketemuan disana lebih awal aja, nanti aku bantuin deh bagiin permennya.”

“Aduh nanti malah ngerepotin kamu…” kata Mira ragu.

“Ah, ngga apa-apa kok Mir, aku malah seneng kok,” kata Lisa sambil tersenyum.

Tips: Untuk mendemonstrasikan pembagian, balik worksheet Galaksi Bintang Sepuluh sehingga angka yang akan dibagi ada di atas. Minta Anak mengambil manik sebanyak angka yang mau dibagi, letakkan di atas bintang. Lalu Anda bisa memakai cara pertama atau cara kedua untuk membagi manik tersebut (lihat keterangan gambar diatas).

Download free worksheet Galaksi Bintang Sepuluh disini:

Download

Seri Manik Susun:

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *