Tukang Kebun Raja

Taman Istana Bungawangi
Taman Istana Bungawangi

Daftar Isi

Kabar gembira! Renovasi istana Bungawangi sudah selesai. Minggu depan baginda Raja akan berkunjung untuk melihat hasilnya. Tapi oh… taman belakang istana masih berantakan. Bisakah kamu membantu tukang kebun Raja untuk mempercantik taman istana Bungawangi?

Siapkanlah kertas dan pensil untuk membantumu berhitung. Baca dan diskusikanlah bersama orang tuamu. Jawaban tantangan ini akan diberikan pada posting berikutnya ya :)

Kelas: 3
Topik: Perkalian, Keliling, Luas

LAVENDER
Bunga Lavender

Baginda Ratu sangat senang dengan bunga Lavender. Tukang kebun memperhatikan taman belakang istana, kira-kira dimana ya bunga ini baiknya ditanam? Aha, bagaimana kalau di sekeliling kolam ikan?

Ada 2 kolam ikan di taman tersebut, keduanya mempunyai ukuran yang sama dan dipisahkan oleh jembatan kayu. Tukang kebun berencana menanam bunga ini di pot, dalam 1 meter dia bisa menata sampai 4 pot bunga.

Apakah kamu tahu berapa pot bunga lavender yang harus tukang kebun tanam?

Jembatan Kayu
Jembatan Kayu

Oh, tidak! Tukang bangunan salah memilih bahan untuk jembatan. Ternyata kayunya sudah lapuk. Tukang kebun berinisiatif mengganti kayu yang rusak tersebut. Pondasinya masih kokoh, hanya lapisan atasnya saja yang perlu diganti.

Papan kayu dijual per meter persegi di toko bangunan.

Berapa meter persegikah papan kayu yang harus ia pesan?

ubinkayu
Ubin motif kayu

Gedubrak! Aduuh… ternyata lantai teras belakang tidak sama rata. Bagian teras di antara dua kolam ikan lebih rendah daripada bagian lainnya. Tukang kebun bangun sambil mengurut-urut pinggangnya. Seharusnya bagian teras ini dikasih ubin dengan motif berbeda, supaya orang bisa waspada.

Selain itu, ubinnya tidak boleh yang jenisnya licin seperti yang di dalam rumah, karena orang bisa kepeleset dan jatuh ke kolam. Hmm… bagaimana kalau pakai motif kayu saja, supaya senada dengan jembatannya.

Ah, aku harus bilang ke tukang bangunan supaya mengganti ubinnya.

Begitu tukang kebun mendatangi rumah tukang bangunan, ternyata dia sedang beres-beres. Kertas-kertas bertumpuk di halaman rumahnya.

“Lho, kenapa pak, kok kertas-kertas ini basah?”

Tukang bangunan garuk-garuk kepala. “Anu, kemarin rumah saya kebanjiran. Semua dokumen ukuran bangunan istana Raja jadi rusak begini. Maaf, bisa ngga bapak tolong ukur berapa luas terasnya? Nanti saya pesankan ubinnya di toko bangunan.”

Apakah kamu bisa membantu tukang kebun mengukur luas teras belakang?

Jalan Batu
Jalan Batu

Hari kedatangan Raja sudah semakin dekat. Tukang kebun bergegas membuat jalan setapak di taman. Jalan batu itu lebarnya 2 meter, terbentang mengelilingi kolam ikan dan membentuk huruf U terbalik. Untuk membangun per meter persegi jalan batu, tukang kebun membutuhkan 1 karung kecil semen dan 2 ember kecil batu kerikil.

Apakah kamu tahu berapa karung semen dan berapa ember batu yang ia butuhkan untuk membangun jalan tersebut?

Pagar Bunga
Pagar Bunga

Oke, jalan setapak sudah selesai dibuat. Apa lagi ya yang kurang? Oh ya ampun, bunga mawar dan melati nya ada yang terinjak-injak. Siapa ya yang lewat sini ngga lihat-lihat? Ya sudah, sebaiknya semua kebun bunga diberi pagar, supaya tanamannya tidak terinjak. Sepertinya air mancurnya juga perlu dipagari, supaya bila ada anak kecil lewat tidak terjatuh kesana.

Kebun mawar dan tulip berbentuk persegi dengan panjang sisi 2 meter, sedangkan kebun melati berbentuk persegi panjang dengan lebar 2 meter dan panjang 4 meter. Untuk membuat satu meter pagar, tukang kebun membutuhkan selusin papan kayu.

Apakah kamu tahu berapa total papan kayu yang dibutuhkan tukang kebun untuk membuat pagar?

Baginda Raja
Baginda Raja

Tibalah hari yang dinanti-nanti, Baginda Raja berkunjung ke istana Bungawangi. Sang Raja senang sekali dengan pekerjaan tukang kebun yang indah dan rapi. Asyik, sebagai penghargaan dari Raja, ia memberikan bonus sepuluh keping emas untuk tukang kebun.

Terima kasih ya teman, sudah membantu tugas tukang kebun Raja. Sampai jumpa di tantangan berikutnya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *