Tambang Batuba – Permainan Matematika Penjumlahan Durasi Waktu

Cling… clang… cling…

“Ayo cepat, sebentar lagi pergantian shift.” Pak Mandor bolak-balik mengingatkan para pekerja Tambang Batuba.

Cecep mengelap keringat dan mengecek arlojinya. Ia sudah bekerja sejak jam 6 pagi, tapi tugasnya belum juga selesai. Salah seorang anggota timnya kemarin sempat sakit beberapa hari, sehingga pekerjaan mereka menjadi bertambah.

“Pak Mandor, tim saya mau lembur ya… besok pagi bagian ini harus sudah digali semua, kalau tidak jadwal pekerjaan kita jadi mundur lagi.”

Pak Mandor garuk-garuk kepala. Cecep tahu ia pasti sedang memikirkan uang lemburan yang harus dibayar. Tapi mau bagaimana, pekerjaan mereka memang belum selesai.

“Oke, nanti tolong dicatat jam berapa kalian pulang, lalu yang terakhir pulang tolong bawa catatan absennya ya.”

Tambang Batuba adalah permainan matematika untuk melatih anak SD kelas 3-4 menghitung penjumlahan durasi waktu (1 jam, setengah jam, seperempat jam). Begini cara mainnya.

Alat yang diperlukan

  • Beberapa dadu 3 warna (merah = durasi 1/4 jam, kuning = durasi 1/2 jam, hijau = durasi 1 jam)
  • Pensil dan lembaran kerja (klik gambar dibawah untuk memperbesar dan print)
  • Persiapan:
    • Print lembaran kerja (Time Log).
    • Jelaskan gambar jam (lingkaran kecil menandakan jam, lingkaran besar menandakan menit) dan besarnya durasi waktu (1 jam = 60 menit, 1/2 jam = 30 menit, 1/4 jam = 15 menit).
    • Gunting lingkaran 1/2 dan 1/4 sebagai alat bantu visual buat anak yang belum lancar menghitung waktu (letakkan sejajar dengan jarum menit searah perputaran jarum jam / clockwise, dan jelaskan bila waktu berlalu sekian menit, berarti jarum menit yang ini akan berhenti dimana?).

Cara bermain

  • Tulis dan gambar jam 06:00 sebagai waktu saat ini / mulai bekerja. Tentukan urutan bermain dan mulai dengan mengambil 1 dadu dari kantong.
    • Bila terambil dadu merah, tambahkan durasi 1/4 jam (15 menit) pada waktu saat ini. Misal bila mulai jam 06:00 berarti selesai 06:15. Tulis 06:15 di gambar jam berikut dan gambar jarum pendek dan panjangnya.
    • Bila terambil dadu kuning, tambahkan durasi 1/2 jam (30 menit) pada waktu saat ini. Misal bila catatan terakhir 06:15, berarti pekerjaan selesai 06:45. Tulis dan gambar jarum jam yang melambangkan waktu tsb.
    • Bila terambil dadu hijau, tambahkan durasi 1 jam (60 menit) pada waktu saat ini. Misal bila catatan terakhir 06:45, berarti pemain harus menulis 07:45 dan menggambar jarum jamnya.
  • Lanjutkan giliran ke pemain berikut dan isi lembaran kerja sampai habis. Lihat waktu yang terakhir dicatat. Pemenangnya adalah yang waktu terakhirnya paling besar (paling lama kerja di Tambang Batuba).
sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *