Siapa yang makan kueku? Permainan Matematika Luas dan Keliling

siapayangmakankueku“Siapa yang makan kueku?!”

Pagi-pagi para penghuni istana sudah gempar. Raja dan Ratu akan mengadakan pesta sore ini, sebagai tanda syukur karena kemarin Pangeran Wira telah terima laporan hasil belajar dan naik kelas. Koki kerajaan pun membuat kue coklat istimewa untuk pangeran. Kuenya bertingkat-tingkat dan ukurannya besar. Diatas lapisan coklat yang lembut itu ada lapisan coklat putih dengan hiasan dari buah ceri dan permen bola manis berwarna-warni, rasanya sangat lezat! Tapi uh oh… ternyata ada yang memakan kue itu!

Saat ini Detektif Boga sedang menyelidiki kasus pemakan kue pangeran. Ia berhasil menemukan beberapa petunjuk, namun sayang asistennya sedang sakit sehingga ia sedikit kerepotan. Dapatkah kamu membantu Detektif Boga menelusuri petunjuk dan menangkap pelakunya?

“Siapa yang makan kueku?” adalah permainan matematika yang melatih anak kelas 3 SD menghitung luas dan keliling. Begini cara mainnya.

Alat yang dibutuhkan:

Potong kecil karton berwarna sejumlah soal yang akan diberikan, contoh saya membuat 12 potong kartu. Pada sisi atas (warna orange) saya membuat soal-soal menghitung luas, sedangkan pada sisi bawah (warna putih) saya membuat soal menghitung keliling. Tulis “Saya punya…” diatas soal bagian depan, dan “Siapa yang punya…” diatas soal bagian belakang.

sayapunya-soal-900
“Siapa yang punya 10?” – “Saya punya 10!”

Berikut daftar soal yang saya buat, bisa di modif sesuai kebutuhan. Intinya agar permainan bisa sambung menyambung, angka di bagian belakang (hasil hitung keliling) harus match dengan angka di bagian depan kartu berikutnya (hasil hitung luas).

No Bagian depan (hitung Luas)
“Saya punya…”
Bagian belakang (hitung Keliling)
“Siapa yang punya…?”
1 START Gambar persegi panjang dengan sisi 2 dan 3
2 Gambar persegi panjang dengan sisi 2 dan 5 Gambar persegi dengan sisi 7
3 Gambar persegi panjang dengan sisi 4 dan 7 Gambar persegi panjang dengan sisi 5 dan 3
4 Gambar persegi panjang dengan sisi 8 dan 2 Gambar persegi panjang dengan sisi 4 dan 5
5 Gambar persegi panjang dengan sisi 3 dan 6 Gambar segitiga dengan sisi 15, 16, 18
6 Gambar persegi dengan sisi 7 Gambar persegi panjang dengan sisi 10 dan 11
7 Gambar persegi panjang dengan sisi 3 dan 14 Gambar segitiga dengan sisi 8, 9, 8
8 Gambar persegi dengan sisi 5 Gambar segitiga dengan sisi 7, 6, 8
9 Gambar persegi panjang dengan sisi 3 dan 7 Gambar persegi dengan sisi 9
10 Gambar persegi panjang dengan sisi 4 dan 9 Gambar segitiga sama sisi dengan sisi 9
11 Gambar persegi panjang dengan sisi 3 dan 9 Gambar persegi dengan sisi 6
12 Gambar persegi panjang dengan sisi 3 dan 8 SELESAI

Cara bermain:

  • Bagikan kartu sampai habis pada semua pemain.
  • Permainan dimulai dari orang yang mendapat kartu START. “Saya punya kartu START”. Pemain A membalik kartu dan melihat soal pertama, lalu menghitung keliling persegi panjang dengan sisi 2 dan 3. Keliling = 2 x panjang + 2 x lebar = 2 x 2 + 2 x 3 = 10. Lalu dia berkata “Siapa yang punya 10?”
  • Pemain lainnya melihat kartu bagian depan masing2. Pemain B melihat soal salah satu kartunya, yaitu menghitung luas persegi panjang dengan sisi 2 dan 5. Luas = panjang x lebar = 2 x 5 = 10. Dia berkata “Saya punya 10!”. Setelah itu Pemain B membalik kartu dan melihat soal, lalu menghitung keliling persegi dengan sisi 7. Keliling = 4 x sisi = 4 x 7 = 28. Pemain B bertanya “Siapa yang punya 28?”
  • Balik lagi ke pemain lainnya menghitung kartu soal luas masing2, permainan dilanjutkan oleh pemain yang mempunyai kartu dengan luas 28. Lanjutkan sampai pemain terakhir membalik kartu dan menemukan kata “SELESAI! Saya menemukan pelakunya!”.
  • Pada soal keliling, anak tidak perlu dipaksa menghafal rumus. Biarkan ia mengerti cara menghitung keliling itu semudah menjumlah semua sisi persegi, persegi panjang, maupun segitiga. Bila sudah sering bermain, tanyakan “Gimana ya cara cepat menghitung keliling supaya ngga kebanyakan nambah?”. Anak yg menemukan sendiri rumusnya bisa lebih ingat/hafal untuk seterusnya daripada kita yang memaksakan ia menghafal rumus.

Selamat bermain :)

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *