Scroll Master – Permainan Matematika Pembagian Bersisa

scroll-master-coverTuan Kinamoto memeriksa surat itu kembali, lalu memandang Sakura dan tersenyum.

Arigatou, Sakura-chan. Bisakah kamu menunggu sebentar? Saya harus menulis balasannya.” Tuan Kinamoto mengambil pena dan sebuah gulungan kertas kosong.

Sakura hanya mengangguk. Suara gaduh diluar membuatnya mengerutkan kening. Sekilas ia melirik jam di atas meja kerja Tuan Kinamoto. Masih pagi, tapi sejak tadi Naruto sudah ribut mengajak makan ramen di Ichiraku. Sakura menghitung gulungan surat di tas nya dan menggelengkan kepala. Tugas mereka masih banyak. Kalau setiap penerima surat memintanya mengantarkan surat balasan, bisa-bisa mereka baru menyelesaikan misi ini di sore hari.

Setelah Tuan Kinamoto menyegel dan memberikan gulungan surat, Sakura bergegas pergi keluar.

“Naruto!” seru Sakura. Aduuh, anak itu malah cari perkara dengan Sasuke. “Kamu ngapain sih?”

Naruto tidak mengacuhkannya, sepertinya karena dari tadi pukulannya tidak ada yang mengenai Sasuke. Setelah Sasuke mendorong Naruto dengan sebuah tendangan, Sakura menjitak kepala Naruto dengan salah satu gulungan surat.

“Hei, kamu mau cepat makan ramen ngga?”

Wajah Naruto langsung berbunga-bunga. “Mauu! Kamu baik sekali Sakura-chaan…”

Sakura hampir tepuk jidat. “Kalau gitu, kita harus bagi tugas.”

Bisakah kamu membantu Sakura menyelesaikan misinya mengantar gulungan surat? Scroll Master adalah permainan matematika untuk melatih anak kelas 3 SD melakukan pembagian bersisa. Begini cara mainnya.

Alat yang dibutuhkan:

  • Kertas permainan
  • Bidak pemain
  • Dadu
  • Pensil & kertas

Cara bermain:

  • Tentukan giliran bermain. Pemain A melempar dadu, misalkan dapat angka 3. Pemain A menjalankan bidak 3 langkah dari Hokage Tower (mulai dari tempat nomor 0) dan berhenti di the training ground (tempat nomor 2).
  • Bagi nomor tempat dengan angka dadu yang didapat. Contoh, setelah berhenti di tempat nomor 2, pemain A membagi dengan angka dadu nya yaitu 3, sehingga dia harus menghitung berapakah 2 : 3?
  • Pemain harus menulis sisa pembagian tersebut di kertas score. Misal, 2 : 3 = 0, sisa 2. Jadi Pemain A menulis 2 di kertas score. Artinya dia menerima 2 gulungan surat tambahan untuk diantar. Lanjutkan dengan giliran pemain B.
  • Pada giliran selanjutnya, gabungkan sisa pembagian tersebut dengan nomor tempat sebagai angka yang harus dibagi. Contoh, pemain A melempar dadu lagi dan dapat angka 6. Ia berjalan dari the training ground (tempat nomor 2) dan berhenti di the valley of the end (tempat nomor 8). Maka ia harus menggabungkan angka 2 dengan angka 8, lalu dibagi 6. Jadi 28 : 6 = 4, sisa 4. Pemain A kemudian menulis 4 di kertas score nya.
  • Bila pemain berhenti di Hokage Tower (tempat nomor 0) atau dapat tempat yang angkanya habis dibagi, misal dapat dadu angka 2 dan berhenti di Ichiraku Ramen (tempat nomor 4),  sehingga 4 : 2 = 2, sisa 0, maka pemain boleh menggambar bintang atau shuriken di kertas score nya.
  • Lanjutkan permainan sampai waktu yang disepakati. Pemenangnya adalah yang terbanyak mengumpulkan shuriken.
sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *