Rasi Bintang Telu

Rasi Bintang Telu
Rasi Bintang Telu

Oh, tidak! Perang bintang antara Planet Azure dan Planet Maroon sudah dimulai! Beberapa bintang pada Gugus Bintang Telu berpijar terang, disebabkan oleh ledakan sinar X pada Markas Bintang yang sudah mereka kuasai. Pasukan Planet Azure dan Maroon dengan cepat mengatur strategi agar dapat menguasai markas terbanyak. Apakah kamu bisa memenangkan perang bintang ini?

Rasi Bintang Telu adalah permainan matematika yang seru untuk mengasah kemampuan spasial, yaitu memvisualisasikan ide dan menuangkannya dalam bentuk gambar 2 dimensi. Permainan ini bisa dilakukan mulai anak kelas 1 SD, untuk berlatih mengenal dan menggambar bangun datar (khususnya segitiga). Berikut cara mainnya.

Alat yang dibutuhkan:

Cara Bermain:

  • Lempar dadu beberapa kali untuk menentukan Markas Bintang (pada gambar diatas ditandai dengan warna kuning). Misal lemparan pertama dapat angka 2. Warnai Bintang 2 dengan warna kuning. Lemparan kedua dapat angka 3, maka hitung dari Bintang 2 maju tiga langkah sehingga sampai di angka 5. Warnai Bintang 5 dengan warna kuning. Lemparan ketiga dapat angka 5, maka dari Bintang 5 maju 4 langkah sampai ke Bintang 10. Warnai Bintang 10 dengan warna kuning. Lempar terus dadu sampai melebihi Bintang 36. Bila sudah melebihi Bintang 36, simpan dadu dan tentukan urutan bermain pemain.
  • Tugas pemain adalah membuat segitiga (menghubungkan 3 titik) tanpa menabrak garis yang sudah ada. Contoh: Pemain A (Maroon) sudah membuat segitiga (2, 10, 14). Giliran Pemain B (Azure), ia tidak boleh membuat segitiga yang menabrak segitiga A, misal segitiga (2, 10, 21). Contoh segitiga yang boleh Pemain B buat adalah segitiga (2, 5, 10). Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.
  • Setelah menggambar segitiga, pemain menulis nomor bintangnya dengan urutan naik di kolom yang disediakan di sebelah kanan gambar. Contoh segitiga (2, 5, 10). Lanjutkan giliran pemain sampai ada pemain yang menyerah (karena tidak bisa menemukan segitiga lain yang bisa dibuat tanpa menabrak segitiga yang ada). Pemenangnya adalah yang membuat segitiga terbanyak.

 

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *