Pizza Monster – Permainan Pecahan Matematika

Pizza Monster - Permainan Pecahan Matematika
Pizza Monster – Permainan Pecahan Matematika

“Rawrrr! Akulah si pemakan pizza tercepat!”

Bulan ini Kerajaan Momo mengadakan lomba makan pizza untuk para monster. Monster yang bisa menghabiskan pizza terbanyak dan tercepat akan mendapat hadiah spesial dari Raja. Hei, lihat! Monster-monster itu mulai berdatangan dari penjuru negeri. Apakah kamu berani terima tantangan ini? :)

Pizza Monster adalah permainan matematika untuk mengenalkan konsep pecahan, operasi pecahan sederhana dan persamaan pecahan. Berikut cara mainnya.

Alat yang dibutuhkan:

  • Lembar permainan, dapat di Download Disini
  • Pensil atau pensil warna
  • Dadu atau penggantinya (karton).
    • Potong karton jadi bagian kecil dan tulis 1/6, 1/3, 1/2, 2/3, 5/6, 6/6.
    • Bila memakai dadu, tempel karton tadi pada dadu. Karton 1/6 di angka 1, karton 1/3 di angka 2, karton 1/2 di angka 3, karton 2/3 di angka 4, karton 5/6 di angka 5, karton 6/6 di angka 6.
    • Bila tidak memakai dadu, masukkan keenam potongan karton tadi di gelas dan kocok sebelum pemain mengambil karton tsb.

Pengenalan konsep pecahan:

  • Sebelum bermain, kenalkanlah konsep pecahan sebagai pembagian dari satu benda (pizza). Misal, setengah atau 1/2 itu didapat dari memotong 1 pizza menjadi 2 bagian sama rata (gambarlah di kertas atau guntinglah gambar pizza menjadi 2). Lakukan hal yang sama untuk 1/3 dan 1/6.
  • Dari sana, bandingkanlah potongan pizza 1/2 dan 1/6. Lihat, kalau pizza nya kita potong jadi 6 bagian yang sama dan kita bagi ke 2 orang, ternyata masing-masing dapat 3 potongan pizza.
  • Lalu bandingkan potongan pizza 1/3 dan 1/6. Kalau pizza nya kita potong jadi 6 bagian yang sama dan kita bagi ke 3 orang, ternyata masing-masing dapat 2 potong pizza.
  • Lakukan permainan singkat untuk karton 1/6, 1/3 dan 1/2. Bila anak sudah mengerti cara bermainnya, kenalkan dengan 2/3, 5/6 dan 6/6. Demonstrasikan pecahan 2/3 dengan menggunting gambar pizza untuk cerita berikut. Ibu memotong pizza jadi 6 potongan yang sama, untuk dibagikan pada tiga anaknya. Masing-masing anak menerima 2 potong, tapi karena kakak sedang buru-buru, bagian yang ia punya diberikan pada adiknya yang bungsu, sehingga si bungsu mendapatkan 4 potong dari 6 potong pizza tsb.
  • Setelah anak nyaman dengan konsep pecahan, mulailah permainan dengan set lengkap (1/6, 1/3, 1/2, 2/3, 5/6, 6/6) yang masing-masing akan memberikan: 1 potong (seperenam dari 6 bagian adalah 1 potong), 2 potong (sepertiga dari 6 bagian adalah 2 potong), 3 potong (seperdua atau setengah dari 6 bagian adalah 3 potong), 4 potong (dua per tiga dari 6 bagian adalah 3 potong), 5 potong (lima per enam dari 6 bagian adalah 5 potong), 6 potong (enam per enam dari 6 bagian adalah 6 potong)
  • Bila anak sudah lancar, dengan demonstrasi sederhana Anda bisa menanyakan potongan pizza yang diterima anak untuk 1/2, 1/4 dan 1/8 bila pizza tersebut dipotong menjadi 8 bagian. Untuk konsep lanjutan (perkalian pecahan), cobalah tanyakan berapa potongan pizza yang diterima untuk 1/2, 1/4, 1/6, 1/8, 1/12, 1/24 bila pizza dipotong jadi 24 bagian

Cara bermain:
– Anda bisa memakai 1 kertas untuk semua pemain atau 1 kertas untuk masing-masing pemain. Bila memakai 1 kertas untuk semua pemain, masing-masing pemain harus menggunakan pensil dengan warna berbeda.
– Tentukan urutan bermain, lalu mulai dengan mengocok gelas berisi karton atau melempar dadu untuk pemain pertama. Misal pemain A dapat karton 1/3, berarti pemain A dapat memakan 2 potong pizza. Warnai atau silanglah 2 potong pizza tersebut dengan warna yang dipilih.
– Lanjutkan dengan pemain berikut. Misal pemain B dapat karton 1/2, berarti pemain B dapat memakan 3 potong pizza. Warnai atau silanglah 3 potong pizza tersebut dengan warna yang dipilih.
– Lanjutkan sampai potongan pizza habis (bila memakai 1 kertas untuk semua pemain) atau salah satu pemain menghabiskan pizzanya (bila memakai 1 kertas untuk masing-masing pemain). Pemenangnya adalah yang memakan pizza terbanyak (bila memakai 1 kertas untuk semua pemain) atau pemain pertama yang pizza nya habis (bila memakai 1 kertas untuk masing-masing pemain)

 

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *