Petualangan si Kereta Baja – Permainan Matematika Menyederhanakan Pecahan

keretabaja-450Senin pagi di stasiun kota. Hujan yang turun deras tidak menghambat orang-orang yang ingin naik kereta. Ada para pekerja kantor, ada anak-anak yang mau ke sekolah, ada pedagang yang ingin pergi ke pasar, semua memenuhi antrian loket dan peron stasiun kereta. Pak Masinis berlari-lari kecil di peron lalu loncat ke dalam lokomotif Kereta Baja.

“Fyuh…” Pak Masinis menghela nafas sambil mengelap tetesan air hujan dari keningnya. “Mari kita berangkat, kawan. Penumpang sudah banyak menunggu.”

Tuut… tuut… tuut…

Kereta Baja mulai berangkat dari stasiun untuk mengangkut penumpang. Pak Masinis menepuk panel kemudi dengan ringan.

“Kau tahu, mulai hari ini ada pengumpulan poin untuk memenangkan lomba kereta terbaik. Semoga kita bisa menang ya, kawan.”

Apakah kamu dapat membantu Pak Masinis mengumpulkan poin terbanyak? Petualangan si Kereta Baja adalah permainan matematika untuk melatih anak menyederhanakan pecahan. Berikut cara mainnya.


Alat yang dibutuhkan:

  • 2 buah dadu
  • 2 buah bidak mainan, misal warna merah dan kuning
  • Worksheet Kereta Baja

Cara bermain:

  • Permainan ini lebih seru dimainkan bersama teman (kompetisi), tetapi bisa juga dimainkan sendiri.
  • Mulailah dengan meletakkan kedua bidak di angka 600. Lempar kedua dadu, misal dapat angka 3 dan 5. Jalankan bidak searah jarum jam, bidak merah berjalan sebanyak angka dadu terkecil yang didapat, dan bidak kuning berjalan sebanyak angka dadu terbesar yang didapat. Misal dadu merah jalan 3 langkah dari tempat awal, akan berhenti di angka 540. Lalu bidak kuning jalan 5 langkah dari tempat awal, akan berhenti di angka 180.
  • Pecahan yang harus disederhanakan adalah 180/540 (angka terkecil/angka terbesar). Pemain yang dapat menyederhanakan pecahan tersebut dengan benar dan pertama menjawab akan mendapat 1 poin (tulis di papan tulis / kertas score).
  • Lanjutkan sampai batas waktu yang diinginkan. Pemenangnya adalah yang mendapat poin terbanyak.
sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

One thought on “Petualangan si Kereta Baja – Permainan Matematika Menyederhanakan Pecahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *