Permainan Matematika Perkalian Cactus vs Pumpkin

kaktuspumpkin-500px
Permainan matematika cactus vs pumpkin

Di sebuah perbatasan padang pasir dan padang rumput yang luas, dua orang petani sedang berdebat.
“Kaktus yang hebat!” Kata petani Kaktus.
“Tidak, labu yang lebih hebat.” Bantah si petani labu. “Tanamanku bisa dimakan. Kalau kaktus? Huh, paling cuma jadi pajangan.”
Uh oh… petani kaktus jadi tambah marah. Apakah petani labu benar? Dapatkah kamu membantu para petani itu menentukan tanaman mana yang paling hebat?

Permainan matematika Cactus vs Pumpkin adalah permainan yang membantu melatih anak untuk menghitung perkalian dengan cepat dan menerapkan perbandingan pada bilangan.

Terinspirasi dari soal IXL kelas 3 SD dan elemen permainan minecraft, kali ini kita bermain dalam 2 tim, yaitu tim cactus dan tim pumpkin.

Alat yang dibutuhkan:

– Minimal 3 set kartu bilangan 1-10

– Papan permainan

Cara bermain:

– Kocok kartu bilangan dan bagikan dalam 3 tumpuk, dengan sisi angka menghadap ke atas

– Tim cactus bertugas memilih 2 kartu paling atas dalam 3 tumpukan tersebut yang apabila dikalikan nilainya kurang atau sama dengan 24. Contoh, tumpukan kartu yang terbuka adalah 7, 2 dan 5. Maka tim cactus bisa memilih kartu 7 dan kartu 2 (karena 7×2=14) atau kartu 5 dan kartu 2 (5×2=10). Pasangan kartu yang dipilih kemudian diletakkan di atas gambar kaktus.

– Bila ternyata tumpukan kartu tidak ada yang bisa dikalikan dengan nilai kurang atau sama dengan 24, maka tim cactus bisa memilih 1 kartu yang kemudian ia simpan, dan bisa digunakan untuk giliran berikutnya. Misal kartu yang terbuka adalah 4, 8 dan 9. Karena tidak ada kombinasi perkalian yang cocok, tim cactus mengambil dan menyimpan kartu 4. Giliran berikutnya ia main ada kartu 7, 5, dan 10, maka ia bisa mengambil kartu 5 untuk dipasangkan dengan kartu 4 (5×4=20) yang tadi ia simpan.

– Tim pumpkin bertugas memilih 2 kartu paling atas dalam 3 tumpukan tersebut yang apabila dikalikan nilainya lebih atau sama dengan 24. Contoh, tumpukan kartu yang terbuka adalah 7, 2 dan 5. Maka tim pumpkin bisa memilih kartu 7 dan kartu 5 (karena 7×5=35). Pasangan kartu yang dipilih kemudian diletakkan di atas gambar labu.

– Bila ternyata tumpukan kartu tidak ada yang bisa dikalikan dengan nilai lebih atau sama dengan 24, maka tim pumpkin bisa memilih 1 kartu yang kemudian ia simpan, dan bisa digunakan untuk giliran berikutnya. Misal kartu yang terbuka adalah 1, 2 dan 7. Karena tidak ada kombinasi perkalian yang cocok, tim pumpkin mengambil dan menyimpan kartu 7. Giliran berikutnya ia main ada kartu 2, 3, dan 10, maka ia bisa mengambil kartu 10 untuk dipasangkan dengan kartu 7 (10×7=70) yang tadi ia simpan.

– Bila tumpukan kartu tarikan sudah ada yang habis (misal dari 3 tumpuk jadi 2 tumpuk), kedua tumpukan kartu digabung, dikocok kembali, dan di tumpuk ulang menjadi 3 tumpukan. Permainan bisa dilanjutkan sampai semua kartu habis atau dengan waktu tertentu. Pemenang permainan adalah pemain yang tumpukan kartunya di atas papan paling banyak.

Selamat bermain :)

 

 

 

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

One thought on “Permainan Matematika Perkalian Cactus vs Pumpkin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *