Permainan matching kartu perkalian

Permainan matematika seru, memasangkan kartu perkalian
Permainan matching kartu perkalian

Terinspirasi dari permainan kartu The Lonely Mole untuk mencocokkan pasangan kartu, kami mencoba permainan memasangkan kartu perkalian dengan hasil perkalian sebagai berikut.

Cara membuat:

– Gunting kecil karton 2 warna (misal merah dan hijau)
– Tulis perkalian pada karton merah dan tulis jawaban perkalian pada karton hijau. Contoh disini perkalian 2, buat di karton merah:

1 x 2, 2 x 2, 3 x 2, dan seterusnya sampai 10 x 2

Lalu di karton hijau tulis jawabannya:

2, 4, 6, dan seterusnya sampai 20

– Anda bisa membuat khusus untuk satu perkalian dulu, beberapa perkalian, atau sekaligus perkalian 1-10 (berarti nanti ada 100 karton merah dan 100 karton hijau)

Cara bermain:

– Bagikan kartu sampai habis ke pemain (misal a, b dan c).
– Tiap pemain melihat kartu masing-masing dan bila ada kartu yang match, keluarkan 2 kartu tsb. Misal pemain a punya kartu 7 x 2 dan kartu 14, maka a harus mengeluarkan 2 kartu tsb.
– Permainan dimulai dengan satu pemain menarik satu kartu yang dimiliki pemain lainnya. Misal a menarik kartu b dan mendapat kartu 16. Bila a punya kartu 8 x 2 di tangan, a harus mengeluarkan kartu tersebut. Setelah itu b menarik kartu c dan c menarik kartu a dan seterusnya.
– Permainan dilanjutkan sampai salah seorang menghabiskan kartu di tangan (bila ingin ada pemenangnya) atau semua pemain sudah menghabiskan kartu di tangan (bila semua dianggap pemenang dan Anda hanya ingin fokus pada kemampuan anak mengenali hasil perkalian).
– Tips: untuk awal mulailah dengan 1 perkalian dulu. Bila Anda memakai beberapa perkalian dan misalkan anak mendapat kartu 16, dia bisa memasangkan nya dengan kartu 8 x 2, 2 x 8, atau 4 x 4.

 

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *