Permainan Kartu Pecahan

wpid-20150319_223246.jpg
Permainan kartu pecahan

Terinspirasi dari math after school activities nya The Measured Mom, saya nyoba bikin kartu pecahan untuk main bareng anak-anak. Ternyata anak2 langsung suka, pas main sama anak-anak tetangga juga asyik aja. Lewat permainan ini anak-anak dapat gambaran mengenai beberapa representasi pecahan, sekaligus belajar melakukan pertukaran (barter) yang sifatnya win-win atau sama-sama menguntungkan. Berikut alat yang diperlukan dan cara mainnya.

Alat yang diperlukan

  • Print template kartu pecahan dari sini, atau bila printer Anda tidak bisa ngeprint ke karton seperti saya, buat sendiri di karton saja. Ambil 3 karton warna warni dan potong kecil-kecil, lalu salin isi kartu pecahan ke karton tsb
  • Isi jenis kartu pecahan: angka (contoh 1/2), potongan pie chart (contoh pie dipotong 3 lalu diwarnai 1, sehingga jadi 1/3), beberapa benda kecil yang diwarnai (misal 2 segitiga diwarnai dari 3 segitiga, atau 2/3)

Cara bermain

  • Kocok kartu pecahan, bagikan sampai habis pada pemain, jejerkan di depan pemain
  • Bila pemain punya 3 jenis kartu pecahan yang sama, contoh kartu angka, pie dan benda masing2 menu jukkan pecahan 1/3, pemain boleh membalik kartunya.
  • Bila pemain hanya punya 2 jenis kartu pecahan yang sama, tumpuk di depan pemain.
  • Setelah semua pemain membalik dan menumpuk kartu pecahan yang sama, waktunya barter. Pemain saling tukar kartu yang ia perlukan. Misal pemain A punya 2 kartu 1/5 dan 1 kartu 1/8, sedangkan pemain B punya 2 kartu 1/8 dan 1 kartu 1/5. Pemain A boleh menukar kartu 1/8 nya dengan kartu 1/5 yang dimiliki pemain B. “Tukar kartu seperlima kamu dong, nanti aku kasih kartu seperdelapan deh.” Dengan menyebutkan angka pecahan anak-anak belajar mengasosiasikan pecahan dengan berbagai representasinya.
  • Tujuan permainan adalah mengumpulkan 3 jenis kartu pecahan yg nilainya sama dan membalik semua kartu pemain

 

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *