Permainan Kantong Hadiah – Dasar Berhitung dengan Manik Susun

kantong-hadiahSekarang untuk hadiah utama… Anda mau pilih yang mana, Pintu nomor 1 atau Pintu nomor 2?

Pernah nonton acara quiz tersebut? :D Gimana rasanya waktu disuruh memilih hadiah misterius? Seru dan bikin deg-deg-an bukan? Naaah… kali ini kita ajak anak2 untuk main Kantong Hadiah yuuk… permainan ini cocok buat anak yang sedang belajar berhitung. Begini caranya.

Cara bermain

  • Ambil sebuah kantong yang tidak transparan (biar tambah seru heheh).
  • Masukkan hadiah (*) ke dalam kantong.
  • Minta anak meraup hadiah di dalam kantong dan menghitungnya. Bila ia berhasil menghitung dengan benar, hadiah tersebut akan jadi miliknya.

Mudah kan? Ayoo… Siapa yang mau ambil hadiah duluan? :D :D :D

(*) Anda bisa memakai permen kecil/coklat uang sebagai hadiah yang dimaksud. Tetapi kali ini kita akan bermain sampai ke bilangan ratusan, jadi kita pakai manik susun saja ya (bisa beli disini). Nanti Anda tinggal tentukan syarat penukaran hadiah, misal: Setiap kamu dapat menghitung 10 manik, mama akan kasih 1 coklat buat kamu :)

Tips Berhitung Jumlah Banyak: Pengelompokan Per Sepuluh

Kalau anak Anda suka hadiah seperti anak saya, ia akan mencoba mengambil hadiah sebanyak2nya. Amanda dan Andika seneng banget bersaing untuk meraup hadiah terbanyak. Dalam sekali raup mereka bisa dapat lebih dari 30 manik. Wah, kalau barangnya terlalu banyak, menghitungnya ternyata cape juga ya? Bisa-bisa salah hitung, ngga jadi dapat hadiah dong?

Nah, waktunya untuk membisikkan tips berhitung ke anak Anda.

“Kak, supaya menghitungnya gampang, setiap kakak hitung 10 manik, kita kelompokkan jadi satu yuk.”

Menunjukkan konsep Nilai Tempat pada anak dengan benda kongkrit

“Kak, kamu mau dapet hadiah spesial ngga?” :D :D

“Mauuuu!”

“Oke, sekarang kakak ambil manik-manik dari kantong sampe 3 kali, lalu hitung. Semakin banyak kamu ambil, semakin spesial hadiahnya. Kalau bener, ada hadiah supeeeeer spesial buat kamu.”

“Hah, 3 kali raup? Sini ma, mana kantongnya!” :D

Si kakak pun semangat mengambil manik-manik dari kantong. Waktu ditaro di atas meja, manik2 nya ada segunung :D Sepuluh… dua puluh… tiga puluh… kakak menyusun manik-manik dan menghitungnya.

“Mah, ini sepuluhannya kok banyak banget ya?”

“Ya udah kak, kamu kelompokkan per seratus aja.”

“Per seratus?”

“Iya, sekarang kan kamu sudah buat per sepuluh. Tinggal ambil 10 batang, jadi deh per seratus.”

“Nah, sini kak mama mau kasih tahu rahasia penting. Ini lho kak… yang namanya satuan, puluhan, dan ratusan :)”

Menara Nilai Tempat untuk mendemonstrasikan penjumlahan dua bilangan

“Oke kak, mama punya tantangan buat kamu.” *insert gleeful laugh heheheh*

“Apaan tuh ma?”

“Gini kak… kamu kan udah punya 125 manik. Sekarang mau mama tambahin nih hadiah buat kamu. Kalau kamu bisa hitung semua manik-manik ini, mama kasih hadiah super duper triple spesial banget-nget-nget buat kamu.”

“Ah, mama lebaaay….” :D :D :D

“Nih, mama tadi juga meraup manik-manik ini. Mama kasih ke kamu ya, ada 18 manik lho. Kamu bisa hitung berapa manik yang kamu punya sekarang?”

Seru khaan? Hari ini sampai sini dulu, nanti kita lanjutkan lagi yaa… selamat bermain & belajar :)

Download free worksheet Menara Nilai Tempat disini:

Download

Seri Manik Susun:

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *