Permainan Gua Naga

Permainan Gua Naga
Permainan Gua Naga

Oh tidak, Raksasa Kepalatiga menyerang Kerajaan Nagajaya! Pengawal kerajaan kewalahan menghadapi amukan raksasa itu. Seorang Guru sakti yang mempunyai perguruan silat di Desa Amansantosa mendengar kabar itu dan membuat sebuah pedang pusaka untuk baginda raja. Karena kesehatannya sudah menurun dan perjalanan yang cukup jauh, Guru sakti memanggil murid-murid terbaiknya untuk mengantarkan pedang itu kepada raja. Dapatkah kamu membantu pendekar muda membawa pedang ke Kerajaan Nagajaya?

Permainan Gua Naga adalah permainan board game matematika untuk melatih anak terampil melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Permainan ini dapat dimainkan untuk anak mulai kelas 2 SD setelah belajar perkalian dan pembagian. Berikut cara memainkannya.

Alat yang dibutuhkan:

  • Papan permainan
  • 2 buah dadu
  • Bidak pemain

Cara bermain:

  • Tentukan giliran pemain dan kocok dadu. Hasil kocokan dadu menentukan berapa langkah pemain dapat bergerak di papan permainan.
  • Untuk kocokan pertama dan pada semua rute jalan pintas (diluar rute putaran), lihat nilai kedua dadu dan jumlahkan. Pemain bebas memilih rute ingin lewat Gunung Penjumlahan, Danau Pengurangan, atau jalan kecil diantaranya. Misal dadu yang keluar adalah 3 dan 4, berarti pemain boleh menjalankan bidaknya sejauh 7 langkah sesuai rute yang diinginkan.
  • Bila pemain memasuki rute berputar, yaitu di kawasan Gunung Penjumlahan, Danau Pengurangan, Kebun Pembagian, Rumah Perkalian, dan Goa Naga, pemain harus berjalan searah putaran jarum jam.
    • Pada kawasan Gunung Penjumlahan, hasil kocokan dadu harus dijumlahkan untuk menentukan banyak langkah yang dapat diambil. Misal yang keluar adalah angka 3 dan 6, berarti pemain boleh melangkah sebanyak 3+6=9 langkah.
    • Pada kawasan Danau Pengurangan, hasil kocokan dadu harus dihitung selisihnya untuk menentukan banyak langkah. Misal yang keluar adalah angka 3 dan 6, berarti pemain boleh melangkah sebanyak 6-3=3 langkah.
    • Pada kawasan Kebun Pembagian, hasil kocokan dadu harus dihitung pembagiannya untuk menentukan banyak langkah. Misal yang keluar adalah angka 3 dan 6, berarti pemain boleh melangkah sebanyak 6:3=2 langkah.
    • Pada kawasan Rumah Perkalian, hasil kocokan dadu dihitung perkaliannya untuk menentukan banyak langkah. Misal yang keluar adalah angka 3 dan 6, berarti pemain boleh melangkah sebanyak 3×6=18 langkah.
    • Pada kawasan Goa Naga, hasil kocokan dadu boleh dihitung dengan salah satu cara yang diinginkan, bisa penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian. Misal yang keluar adalah angka 3 dan 6, berarti pemain boleh jalan sebanyak (pilih salah satu) 3+6=9 langkah, atau 6-3=3 langkah, atau 3×6=18 langkah, atau 6:3=2 langkah.
  • Bila pemain berhenti di tanda berwarna biru, pada kocokan berikutnya pemain harus berjalan mundur (berlawanan arah dengan putaran jarum jam).
  • Bila pemain berhenti di persimpangan, pada kocokan berikutnya pemain dapat keluar dari putaran itu menuju rute berikutnya.
  • Pemain yang menang adalah yang pertama mencapai atau paling dekat dengan tanda Finish.
wpid-20150203_215434.jpg
Cara memainkan Permainan Gua Naga
sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

One thought on “Permainan Gua Naga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *