Permainan Domino Loncat (Perkalian)

Kartu domino untuk perkalian 2-5
Kartu domino untuk perkalian 2-5

Hari ini kami bermain permainan Domino Loncat, permainan kartu untuk melatih perkalian. Saya membuat kartu-kartu domino dengan karton asturo warna-warni, agar memudahkan anak-anak dalam mengingat permainan yang sedang berjalan untuk kelipatan berapa.
– Karton Pink untuk Kelipatan 2
– Karton Ungu untuk Kelipatan 3
– Karton Biru untuk Kelipatan 4
– Karton Kuning untuk Kelipatan 5

 

Cara membuat kartu:
1. Potong kartu kecil-kecil sampai menyerupai kartu domino. Dari karton asturo ukuran besar yang saya beli bisa dapat 64 buah kartu.
2. Pada sisi sebelah kanan, tulis angka pengali, dan di sisi kiri tulis hasil perkalian dengan bilangan sebelumnya.

Contoh, untuk kelipatan 5. Pada kartu Pengali 1, di sebelah kanan tulislah angka 1. Di sebelah kiri tulislah angka 5 x bilangan sebelumnya (saya pakai 10 untuk maksimal pengali), sehingga 5 x 10 = 50. Pada kartu Pengali 2, di sebelah kanan tulis angka 2, di sebelah kiri tulis angka 5 x 1 = 5. Pada kartu Pengali 3, di sebelah kanan tulis angka 3, di sebelah kiri tulis angka 5 x 2 = 10.

Sehingga set lengkap untuk Kartu Kelipatan 5 adalah sebagai berikut.

50 | 1
5 | 2
10 | 3
15 | 4
20 | 5
25 | 6
30 | 7
35 | 8
40 | 9
45 | 10

Kartu domino kelipatan 5
Kartu domino kelipatan 5

 

3. Buat beberapa set kartu kelipatan 5 tsb. Bila saya punya 64 kartu warna kuning, saya bisa dapat 6 set kartu kelipatan 5 dengan sisa 4 kartu yang tidak terpakai. Sebagai tips, sesuaikan dengan jumlah pemain. Misal saya main dengan 2 anak saya, berarti minimal membuat 3 set agar pembagian kartunya pas.

Cara bermain (contoh kelipatan 5)
– Kocok kartu dan bagikan. Kali ini saya membagi habis semua kartu ke 3 pemain.
– Salah seorang pemain atau pemenang ronde sebelumnya meletakkan satu kartu di tengah.
– Pemain selanjutnya harus meletakkan kartu yang sisi kiri nya merupakan hasil perkalian 5 dari sisi kanan kartu di meja.

Contoh:
– Kartu yang pertama dikeluarkan di meja adalah kartu 30 | 7.
– Berarti kartu yang harus dikeluarkan berikutnya adalah kartu 7. Pemain berikutnya harus meletakkan kartu yang sisi kirinya berjumlah 7 x 5 = 35. Sehingga harus meletakkan kartu 35 | 8.
– Kartu yang harus dikeluarkan berikutnya adalah kartu 8. Pemain selanjutnya harus meletakkan kartu yang sisi kirinya berjumlah 8 x 5 = 40. Sehingga harus meletakkan kartu 40 | 9.
– Kartu yang harus dikeluarkan berikutnya adalah kartu 9. Pemain selanjutnya harus meletakkan kartu yang sisi kirinya berjumlah 9 x 5 = 45. Sehingga harus meletakkan kartu 45 | 10.
– Dan seterusnya

Permainan kartu domino perkalian 5
Permainan kartu domino perkalian 5

– Bila pemain tidak punya kartu yang dimaksud, bilang Pass dan ganti giliran ke pemain berikutnya.
– Permainan dilanjutkan sampai semua kartu turun. Pemain yang pertama kali menghabiskan kartu di tangan menjadi pemenang / bisa menjadi giliran pertama ronde berikutnya.

Catatan:
– Bila diinginkan, kartu bisa dibagikan terbatas misal masing2 pemain memegang 7 kartu, sisa nya menjadi kartu tarikan. Pemain yang tidak punya kartu yang dibutuhkan harus mengambil kartu dari tarikan. Ronde dimainkan sampai ada pemain yang kartunya habis atau sampai 1 set kartu (Pengali 1-10) keluar, silahkan berkreasi sesuai keinginan.
– Bila anak kesulitan menentukan kartu yang diminta, bantulah dengan menyebutkan angka pengali di meja. Misal kartu di meja 25 | 6 berarti kartu selanjutnya: “Ayuk kita cari kartu yang sisi kiri nya 6 x 5, berapa ya nak?” Kalau anak masih bingung tunjukkan caranya, “Eh kita lihat yuk di sisi kiri kartu di meja itu kan angka 25. Nah untuk dapat kartu berikutnya tinggal kita tambahkan dengan 5 saja, jadi 25 + 5 berapa hayo? Bagus! Berarti kita butuh kartu 30 | 7”.
– Biarkan anak menghitung angka dari penjumlahan 5 sisi kiri untuk menentukan kartu berikutnya. Bila sudah terbiasa berhitung cepat nanti dia bisa langsung menebak kartu berikutnya hanya dengan melihat sisi kiri kartu di meja. Seiring dengan seringnya latihan dan hafal deret bilangan kelipatan 5, nanti anak bisa menjawab pertanyaan 6 x 5 tadi dengan mudah.

Kartu domino kelipatan 5 sedang dimainkan
Memainkan kartu domino kelipatan 5

 

Kesan-kesan:
– Waktu pertama membuat kartunya saya sempat trial error untuk mendapat format yang paling enak dimainkan. Sempat pengali di sebelah kiri, tapi waktu main jadi canggung karena kebiasaan main dengan urutan ke kanan, jadi kartu 1 | 10 dibaca nya kartu berapa yang dikalikan 5 sama dengan 10? Jadi permainan kartu pembagian deh hehehe…
– Waktu membuat kartu sempat waswas apakah mudah dimengerti anak2, tapi ternyata kalau formatnya permainan anak2 bisa cepat menangkap :D
– Amanda cepat menghafal deret kelipatan, misal kalau dia melihat di meja ada kartu 25, dia langsung bilang selanjutnya 30 (ngga melihat pengali terlebih dahulu). Kalau Andika bingung Amanda juga suka bantuin, “Itu di meja kan ada 25, berarti selanjutnya 25 + 5 jadi 30 dik!”
– Andika masih harus dibantu untuk menyebutkan kartu selanjutnya berapa ma? Soalnya dia melihat kartu pengali (sisi kanan) jadi berfikirnya 6 x 5 itu berapa, tanpa melihat sebelumnya di sisi kiri itu hasil 5 x 5 yaitu 25.  Biasanya saya suruh hitung sendiri dan saya tungguin, 25 + 5 sama dengan?
– Ini cara menghafal perkalian yang saya rekomendasikan dibandingkan dengan menghafal tabel perkalian, karena sifatnya fun dan challenging. Apalagi buat anak2 yang suka permainan kartu :)

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

One thought on “Permainan Domino Loncat (Perkalian)

  1. fifi says:

    subhanallah…
    Assalamualaikum mba sari, mba saya minta izin untuk memakai cara pembuatan kartu dominonya ya.. untuk tugas kuliah saya.. website mba saya sertakan pula di makalah sya..
    terimakasih
    wassalamualaikum…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *