Pasukan Kapten Remi

“Hormat, grak!”

Semua pasukan berdiri tegap. Kapten Remi memperhatikan para Prajurit Wajik. Hanya ada beberapa Prajurit Wajik yang ikut dalam latihan kali ini. Kemudian Kopral Keriting, yang masing-masing membawahi 10 orang Prajurit. Di bagian tengah ada barisan Sersan Hati, yang masing-masing membawa 100 orang Prajurit. Sedangkan paling depan adalah barisan Letnan Sekop dengan pasukannya sebanyak 1.000 Prajurit.

“Siap, grak!”

Kapten Remi meraih mikrofon, siap untuk memberikan aba-aba. Latihan gabungan kali ini agak besar, masing-masing angkatan memperebutkan piala Pasukan Terbaik. Apakah pasukanmu bisa memenangkan latihan ini?

Permainan Pasukan Kapten Remi adalah permainan matematika untuk melatih anak belajar penjumlahan dan nilai tempat satuan sampai puluhan ribu.

Game ini terinspirasi dari Game APIQ. Setelah ‘on fire’ hasil baca buku nya Paman APIQ di Google Play Books, saya langsung semangat ngajak anak2 main. Salah satu yang saya penasaran pengen mainkan adalah Game Super Marble. Masalahnya, game ini butuh kelereng (marble) warna warni, sedangkan di rumah ngga ada kelereng (pernah beli banyak tapi menggelinding entah kmn :D). Yang banyak ya kartu dan dadu. Okelah kalo begitu… ngga ada rotan, akarpun jadi hehe…

Alat yang dibutuhkan:

  • 1-2 set kartu remi
  • dadu
  • kertas & pensil. Gambar tabel score pada kertas, berikan header: Wajik sebagai satuan, Keriting sebagai puluhan, Hati sebagai ratusan, dan Sekop sebagai ribuan. Pada tempat puluhan ribu saya menggambar huruf J (Joker)

Cara bermain:

  • Kocok kartu dan tentukan giliran bermain. Pemain A melempar dadu, misal mendapat angka 4. Maka dia berhak mengambil 4 kartu dari Kapten Remi alias kartu kocokan.
  • Tulis jumlah pasukan yang di dapat dalam tabel yang dibuat. Misal Pemain A mendapat 2 kartu Sekop, 1 kartu Keriting, 1 kartu Wajik. Tulis 2 di kolom Sekop (ribuan), 1 di kolom Keriting (puluhan), dan 1 di kolom Wajik (satuan).
  • Ganti giliran ke pemain selanjutnya, lempar dadu dan tulis jumlah pasukannya di tabel score. Bila dapat kartu Joker, masukkan di puluhan ribu.
  • Ketika kartu habis ditarik, jumlahkan semua score yang ada. Pemenangnya adalah yang score nya terbanyak.

Catatan:

  • Ketika kami pertama bermain (3 orang), kami memakai 1 set kartu remi. Ternyata kartunya cepat habis, jadi kami pakai 2 kartu remi.
  • Bila tidak punya kartu remi bisa juga pakai kartu uno, dengan mengelompokkan warna sebagai penanda satuan, puluhan, ratusan, ribuan.
  • Permainan ini bisa di modif untuk memakai perkalian, tapi tadi kami belum sempat, mungkin untuk main berikutnya.
  • Yang paling seru sih mengikuti format permainan Super Marble yang asli, yaitu memakai kelereng warna-warni dan mangkok (berhitung luar kepala).

Selamat bermain :)

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *