Mineborg – buat sendiri permainanmu dengan tema Minecraft!

mineborg-600px

Hola hola hola!! Haii moms & dads… setelah lama berhibernasi (gara-gara ngurusin kelas Minecraft hahaha…) akhirnya saya baru sempat nulis lagi ^_^ daaan… bukannya nulis liputan kelas Minecraft nya, saya malah bikin permainan baru :P huehehe… but not to worry, masih sedikit nyambunglah karena permainan kita kali ini masih bertema Minecraft!

Buat teman-teman yang sukaaaa banget sama Minecraft, may I present you… the Mineborg :D

Apa itu Mineborg?

Mineborg adalah DIY board game untuk 1-4 pemain yang bisa Anda pakai untuk membuat permainan sendiri, untuk bermain sambil belajar dengan anak-anak. Tugas utama pemain adalah mencapai End_Portal_Frame The End dengan membawa harta Diamond EmeraldGold_Ingot Iron_Ingot terbanyak.

Pemain harus mencari jalan mendatangi chest1chest/peti, untuk menjalankan suatu misi. Bila misi berhasil pemain akan dapat Diamond EmeraldGold_Ingot Iron_Ingot harta/loot. Harta ini bisa dipakai untuk membeli Bottle_o'_Enchanting Diamond_Sword Monster_Spawner Cake Ender_Pearl Blaze_powder power items, diantaranya yaitu Blaze_powder Blaze Powder dan Ender_Pearl Ender Pearl. Pemain kemudian dapat menukar kedua items ini dengan Eye_of_Ender Eye of Ender, yang berguna sebagai kunci untuk membuka End_Portal_Frame End Portal menuju ke The End.

Di Mineborg, Anda lah yang membuat misi untuk dikerjakan pemain. Nah, di misi inilah Anda bisa memasukkan unsur pelajaran dalam permainan. Misi bisa saja berupa soal matematika, kuis pengetahuan umum, eksperimen sains, membuat narasi cerita, merangkum intisari berita di TV, menerjemahkan kalimat, dsb. Tinggal sesuaikan dengan usia anak dan mata pelajaran yang diinginkan.

Karena ini adalah permainan Anda, Anda dan anak-anak juga bisa mengubah konfigurasi permainan sendiri. Misalnya menambah bonus misi, menentukan nilai tukar loot, mengganti kemampuan mobs (misal, kalau ketemu Creeper, barang semua pemain akan hilang karena kena ledakan!), menambah kekuatan items (misal, kalau bawa Blaze Powder semua musuh di radius 2 blok akan musnah), dll.

Petunjuk Peraturan Permainan

OK sekarang saya ingin membahas lebih dalam mengenai konfigurasi permainan seperti contoh diatas. Kalau Anda ingin langsung mencoba, silahkan skip bagian ini dan lihat Cara Bermain.

Konfigurasi Permainan

Iron_Pickaxe Mission

parts-misiPengulangan misi

Anda bisa menentukan apakah misi yang sudah selesai dapat diambil lagi atau tidak. Contoh soal misi yang one-time only:

  • Siapa nama presiden pertama RI?
  • Sebutkan isi Pancasila!
  • Siapakah nama ilmuwan penemu bola lampu?
  • Ada berapa harikah dalam setahun?

Pertanyaan seperti ini kalau diulang lagi ngga seru, soalnya bisa dihafalin :D tapi kalau Anda punya stok pertanyaan banyak ngga masalah, setelah 1 pertanyaan dijawab tinggal disingkirkan dari kantong misi.

Kalau saya pribadi suka misi yang bisa diambil lagi (aslinya sih karena males nulis soal huehehe…). Jadi kalau lagi main matematika, kita bisa buat soal dengan memakai variabel dari dadu/kartu x dan z. Kalau pelajaran lain juga bisa pertanyaan yg bersifat terbuka. Soal spt ini bisa dikembalikan ke kantong misi dan bisa diambil lagi oleh pemain berikutnya. Contoh:

  • Hitung berapakah x + z?
  • Paman Fisher hobi memancing. Kemarin dia mendapat x ikan, sedangkan hari ini dapat z ikan. Berapa total ikan yang didapat Paman Fisher sedari kemarin sampai hari ini?
  • Sebutkan 1 negara yang depannya huruf A (ngga boleh sama dgn jawaban sebelumnya)
  • Ceritakan ringkasan salah satu film yang kamu tonton akhir-akhir ini

Hadiah misi

Anda bisa menyesuaikan hadiah penyelesaian misi dengan tingkat kesulitannya. Misal untuk membuat rangkuman film mau diberikan hadiah 1 Gold ingot Gold_Ingot (jenis hadiah tinggal ditulis di kertas misinya), sedangkan misi memperbaiki grammar diberikan hadiah 1 Iron ingot Iron_Ingot.

Kalau saya sukanya memberi bonus misi sejumlah hasil perhitungan soal. Misal, misinya kalau bisa menyelesaikan soal x + z = ? akan saya kasih bonus score sebesar x + z. Jadi kalau x = 4 dan z = 3, maka tambahan score bonusnya adalah x + z = 4 + 3 = 7.

Bila Anda ingin menyamakan hadiah tidak tergantung soal, pilih saja hadiah misi 1 Random loot.

chest1 Loot

parts-lootPada bagian ini ada 2 hal yang dapat diubah, yaitu Nilai tukar loot dan pilihan unlock chest.

Nilai tukar loot

Gunakan nilai tukar loot sebagai media belajar tentang nilai pertukaran mata uang.

Contoh:

Bila nilai Iron ingot 15 dan Gold ingot 30, maka 1 Gold ingot itu setara nilainya dengan 2 Iron ingot.

Iron_Ingot = 15

Gold_Ingot = 30

Gold_Ingot = Iron_IngotIron_Ingot

Kalau Steve punya 2 Emerald yang satunya berharga 60, bisa ditukar dengan berapa Iron ingot kah harta Steve?

Iron_Ingot = 15

Emerald = 60

Emerald = Iron_IngotIron_IngotIron_IngotIron_Ingot

Kalau Steve mau trading dengan villager seharga 1 Emerald, sedangkan Steve punya 1 Diamond yang berharga 120, berapa Emerald kah kembalian yang diterima oleh Steve? :)

Emerald = 60

Diamond = 120

DiamondEmerald = Emerald

Unlock semua chest

Gunakan pilihan ini untuk menambah kesulitan permainan. Pemain harus melewati semua chest terlebih dahulu sebelum bisa membuka End Portal. Pilihan ini nanti berkaitan dengan pilihan Bonus Unlock Chest di Scoreboard (setiap kali unlock 1 chest akan dikasih bonus sekian).

villager1 Trade

parts-tradePemain dapat melakukan trading (jual beli) dengan Villager, sejumlah  Diamond EmeraldGold_Ingot Iron_Ingot harta ditukar dengan Bottle_o'_Enchanting Diamond_Sword Monster_Spawner Cake Ender_Pearl Blaze_powder item. Contohnya 1 Emerald Emerald bisa dipakai untuk membeli 1 item.

Items

Berikut contoh default dari items dan kegunaannya.

  • Diamond_Sword Diamond Sword – Basmi 1 mob. Dengan pedang ini kamu bisa mengeluarkan 1 hostile mob maupun villager dari papan permainan.
  • Monster_Spawner Spawner – Spawn 1 mob. Kamu boleh menaruh 1 hostile mob maupun villager pada papan, pada sembarang tempat yang kamu inginkan.
  • Bottle_o'_Enchanting Bottle O’ Enchanting – Nilai total loot kamu dikali 2. Dengan ramuan ini dijamin kamu akan kaya mendadak :D
  • Cake Cake – Tambah giliran bermain. Wow, apakah ini hari ulang tahunmu? Nih, lempar dadu/ambil kartu dan jalan 1 kali lagi!
  • Ender_Pearl Ender Pearl – Mau teleport ke Chest atau ke Villager? Beres bos, gunakan saja Ender Pearl kamu
  • Blaze_powder Blaze Powder – Abaikan 1 hostile mob. Dengan kekuatan ini, kalau kamu lewati 1 hostile mob kamu akan kebal / tidak akan terkena efeknya. Misal, kalau kamu melewati Creeper, kamu tidak akan meledak! Bedanya dengan Diamond Sword, Blaze Powder tidak akan menyingkirkan mobs dari papan permainan.

parts-mobsMobs

Berikut contoh default efek dari melewati hostile mobs.

  • zombie1 Zombie – Berhenti berjalan. Misal Steve dapat x = 7 dan z = 2. Ia lantas berjalan 7 langkah ke kanan. Oh tidaaak! Pada langkah ke 4 dia bertemu Zombie. Dia harus berhenti di kotak tsb. Tapi dia masih bisa lanjut jalan 2 langkah ke atas
  • spider1 Spider – Nilai dikurangi 5. Ooow! Steve kegigit Spider!! Tulis -5 di scoreboard pemain setiap kali bertemu mob ini
  • skeleton1 Skeleton – Mental ke ujung (arah berlawanan dengan gerakan pemain). Misal Steve sedang berjalan ke kanan, terus tiba-tiba dia menabrak Skeleton. Arrgh! Skeleton pun memanah Steve. Steve terkena knockback dari panahnya dan mental balik ke ujung kiri papan tempat tadi dia berjalan.
  • creeper1 Creeper – DUARRR!!! Jagoan kamu terkena ledakan Creeper! Semua Bottle_o'_Enchanting Diamond_Sword Monster_Spawner Cake Ender_Pearl Blaze_powder power items yang sudah kamu kumpulkan jadi hilang huhuhuuu…
  • witch1 Witch – Wakwauuu… Kamu terkena potion of weakness dari Witch. Kamu kehilangan giliran bermain 1x
  • enderman1 Enderman – Uh oh! Enderman membuatmu teleport balik ke kotak Start!

 

Alat yang Dibutuhkan

mineborg-alat
Peralatan yang dibutuhkan
  • 2 dadu atau 1 set kartu matcha (pakai kartu angka) / kartu remi (pakai angka 2-10 dan As untuk angka 1). Bila memakai kartu, kocok dan tumpuk kartu untuk tarikan
  • Papan permainan Mineborg. Kemarin saya print papan permainan 1 lembar A4 dan gambar items 1 lembar A4 di digital printing, dapat karton 260gr dgn finishing doff hanya Rp. 13.000 saja. Murah bukan :D
  • Kertas scoreboard. Ini bisa di print di kertas biasa
  • Kantong misi, loot, dan hadiah. Anda bisa pakai amplop ataupun kantong beneran (supaya lebih misterius hehehe… tapi anak2 suka lho :D ngga harus yg susah2, saya pakai kantong starbuck & tas mukena :P)

Persiapan

  • Tulis soal di kertas misi, lalu gunting dan lipat kecil. Masukkan dalam Kantong Misi
  • Pisahkan Diamond EmeraldGold_Ingot Iron_Ingot loot dan simpan di Kantong Loot
  • Pisahkan Bottle_o'_Enchanting Diamond_Sword Monster_Spawner Cake Ender_Pearl Blaze_powder items dan simpan di Kantong Hadiah
  • Letakkan End_Portal_Frame End Portal, chest1 Chest, villager1 Villager dan zombie1spider1skeleton1creeper1witch1enderman1 hostile Mobs di tempat yang diinginkan di atas papan
  • Letakkan alex1 steve1 bidak/icon players di kotak Start. Supaya tidak berhamburan, saya menempelkan secuil double tape di belakang items. Ini mudah di copot dan dibersihkan juga, karena kartonnya sudah cukup tebal dan licin. Kalau Anda mau, bidak pemain bisa memakai bidak halma biasa

Cara Bermain

  • Tentukan giliran bermain. Misalnya steve1 Steve giliran pertama dan alex1 Alex giliran kedua.
  • Jalankan bidak dengan melempar 2 buah dadu atau menarik 2 buah kartu dari tumpukan.
    • Dadu/kartu pertama kita sebut dadu/kartu X, dan dipakai untuk menentukan berapa langkah pemain dapat bergerak ke kanan/kiri.
    • Dadu/kartu kedua kita sebut dadu/kartu Z, dan dipakai untuk menentukan berapa langkah pemain dapat bergerak ke atas/bawah.
    • Misal Steve mendapat angka 1 untuk dadu X dan angka 2 untuk dadu Z. Berarti dari Start ia bergerak ke kanan 1 langkah dan bergerak ke atas 2 langkah. Soalnya di kiri tempat start sudah mentok batas (tidak bisa belok kiri) dan di bawahnya mentok batas (tidak bisa belok ke bawah)
  • Uh oh… ternyata Steve melangkahi hostile Mobs!
    • Lihat contekan efek mob nya.
    • Misalkan Steve melangkahi Spider, sehingga nilai kita berkurang 5 poin. Kita tulis saja di scoreboard -5 untuk Steve
  • Bila Steve melangkahi Chest, Steve harus mengambil soal dari Kantong Misi.
    • Misalkan soal yang didapat adalah soal matematika: “Berapakah X + Z?”. Masukkan angka dadu X dan Z nya si Steve ke soal ini. X + Z = 1 + 2 = 3.
    • Kalau Steve bisa menjawab soal dengan benar, Steve boleh mengambil 1 harta dari Kantong Loot.
    • Misalkan Steve dapat Gold ingot! Letakkan gold ingotnya di atas kertas scoreboard di kolom Steve.
  • Kalau Steve melewati Villager, Steve boleh menukar hartanya Diamond EmeraldGold_Ingot Iron_Ingot dengan power items Bottle_o'_Enchanting Diamond_Sword Monster_Spawner Cake Ender_Pearl Blaze_powder .
    • Misal Steve punya 2 Gold ingot, ini bisa dipakai untuk membeli 1 barang, karena harga 1 barang adalah 1 Emerald. Sedangkan 1 Emerald = 2 Gold ingot. Jadi uang Steve pas untuk beli barang!
    • Steve pun mengambil barang dari Kantong Hadiah. Wah, Steve dapat Diamond Sword!
    • Steve boleh menyimpan item yang dibelinya atau menggunakannya saat itu juga.
    • Bila Steve dapat item Ender Pearl dan Blaze Rod, Steve bisa menukarkan keduanya dengan Eye of Ender.
    • Bila Steve memiliki Eye of Ender, Steve boleh milih apakah menyimpan dulu Eye of Endernya, atau langsung dipakai untuk teleport ke End Portal dan membuka jalan ke The End
  • Bila sudah ada pemain yang sampai ke The End, permainan selesai. Saatnya untuk menghitung total harta masing-masing pemain di kertas Scoreboard! Pemenang permainan adalah yang score nya paling besar :)

Penampakan :D

Free Printable Download

Silahkan download permainan Mineborg disini :) Selamat bermain & semoga bermanfaat!

Download Mineborg

 

See Mineborg in action, a DIY board game you can print and play with Minecraft theme!
Mineborg – Free Printable DIY Board Game
sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

One thought on “Mineborg – buat sendiri permainanmu dengan tema Minecraft!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *