Math Bowling Umpa Lumpa – permainan matematika pecahan

cover“Baginda!” Sang Patih menghadap Raja dengan tergopoh-gopoh. “Kerajaan Umpa Lumpa menyerang kerajaan kita!”

Baginda Raja menghentikan pembicaraannya dengan sang Ratu dan terlonjak berdiri.

“Apa? Bagaimana mungkin mereka menerobos pertahanan kita?”

Benteng Selatan yang berbatasan dengan kerajaan Umpa Lumpa adalah benteng terkuat mereka, dijaga oleh para pengawal kerajaan terbaik.

Sang Patih mengelap keringat di dahinya.

“Mereka mengirim monster, baginda.”

Baginda Raja menggeretakkan giginya. Keterlaluan. Kini Raja Umpa Lumpa berani menggunakan sihir hitam untuk melawan? Tidak akan ia biarkan monster-monster itu memporak-porandakan kerajaannya. Baginda Raja lantas menyambar jubah dan pedangnya.

“Panggilkan aku Panglima Perang Elsa dan pasukan elit kerajaan!” Perintah Raja. “Kita berangkat sekarang juga.”

Bisakah kamu membantu Baginda Raja mengalahkan monster Umpa Lumpa?

tim1

Kali ini kita akan bermain bowling sambil belajar matematika :) Math Bowling Umpa Lumpa adalah permainan matematika sederhana untuk membantu anak kelas 3 SD mengidentifikasi pecahan. Berikut cara mainnya.

Alat yang diperlukan:
– bola
– pin bowling, bisa dibuat sendiri dari karton, botol plastik bekas, dll
– kertas score, pensil

Cara bermain:
– Bagi arena bermain menjadi 2 sisi, misal Pemain A di kanan, Pemain B di kiri. Tentukan garis pembatas di tengah arena. Garis ini adalah tempat yang diperbolehkan untuk meluncurkan bola.
– Berikan kesempatan masing2 pemain untuk mengatur formasi barisan pin sesuai dengan yang mereka inginkan, yang penting jarak pin dari tembok terdekat minimal 1 jengkal, untuk mencegah pin yang terdesak ke tembok dan tidak bisa dijatuhkan.
– Tentukan waktu dan giliran bermain. Misal akan bermain 5 sesi, dimulai dari pemain A yang menggelindingkan bola menuju area pemain B.
– “Ada berapa pin yang jatuh dari keseluruhan pin lawan?” Pemain A menulis di kertas score nya. Misal: setelah melempar bola, pin yang jatuh adalah 3 pin dari 9 pin yang ada. Berarti pemain A menulis 3/9. Lalu ganti giliran pemain B mengirim bola ke area pemain A, dst.
– Pin yang sudah jatuh disingkirkan. Hitung pin yang jatuh lagi dari yang tersisa. Misal tadi pemain A berhasil menjatuhkan 3 dari 9 pin sehingga sisa 6 pin. Dia berhasil menjatuhkan 2 pin pada kesempatan berikutnya, sehingga dia menulis 2/6 di kertas score.
– Lanjutkan sampai salah satu pemain berhasil menjatuhkan semua pin lawan (pemenang sesi tersebut), lalu ulang lagi sesi permainan dari awal (dirikan dan atur kembali barisan pin yang tadi sudah jatuh dan disingkirkan).
– Permainan selesai begitu sesi yang disepakati berakhir, pemenangnya adalah yang paling banyak memenangkan sesi permainan.

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *