Latihan Ulangan Matematika kelas 3 SD dengan Schoology

schoology-matematikasdkelas3Apakah Anda memakai IXL atau kurikulum luar lainnya untuk belajar matematika anak Anda?

Bulan November kemarin anak saya Andika sudah menyelesaikan IXL Grade 3. Salah satu concern saya dalam memakai IXL adalah pemakaian bahasa pengantarnya yaitu bahasa Inggris. Untuk mengatasi tantangan dalam mengerjakan soal cerita, akhirnya saya dan Andika memutuskan untuk mereview pelajaran kelas 3 dengan bahasa Indonesia sebelum Andika lanjut ke IXL Grade 4.

Saya pun kemudian sibuk mencari situs seperti IXL untuk pelajaran matematika dengan kurikulum nasional.

*lap keringet*

Setelah bolak balik nyari sarana pendukung dengan kriteria:

  • ada latihan soal untuk setiap bab/materi untuk tiap grade/kelas
  • sistem akan menyimpan nilai anak bila ia mengerjakan latihan soal tsb (soalnya saya paling rempong kalo harus nyimpen kertas2 worksheet, padahal udah niat pengen ngerapiin dokumentasi progres belajar anak)
  • kurikulum yang dipakai adalah kurikulum nasional, dengan bahasa pengantar bahasa indonesia
  • sistemnya web based, dan kalau bisa ada mobile app nya juga :D :D :D

saya pun menyadari… belum ada (atau saya belum ketemu) website yang memenuhi semua kriteria tsb. Naah… setelah meditasi dan mengumpulkan chakra (halah), akhirnya saya memutuskan untuk membuat sendiri fasilitas yang dimaksud. Masalah materi saya ambil gampangnya aja, yaitu bahan dari Buku Sekolah Elektronik (BSE) nya Kemendikbud.

Setelah itu saya sibuk nyoba2 platform quiz/learning management system (LMS) atau e-learning mulai dari plugin wordpress seperti Watu+Namaste, LearnPress, Sensei, CoursePress, StudyPress, TeachPress, Educator, dll dsb sampai ke luar wordpress seperti QuizStar, Quipper School, Moodle, Edmodo, Canvas, Blackboard, bahkan Kelas Maya nya Kemendikbud.

Kriteria yang saya cari:

  • ada online quiz engine untuk membuat dan mengerjakan latihan soal/ulangan
  • quiz engine nya support multimedia (gambar/video) baik di soal maupun jawaban
  • quiz engine nya memudahkan dalam input expresi matematika, misal dengan latex
  • quiz nya support auto grade (pilihan ganda, benar/salah, menjodohkan, mengurutkan) maupun manual grade (jawaban singkat, essay)

Berhubung Andika juga semangat bantuin, jadilah dia ikut icip2 beberapa aplikasi yang sudah saya short list. Akhirnya kami sepakat pakai Schoology. Mulailah emaknya nginput data soal. Berhubung kami hanya butuh review materi, jadi soal yang di input hanyalah soal Ulangan Bab dan Ujian Semester.

Ternyata perjuangannya ngga cuma sampai disitu sodara2, soal yang udah di input juga harus di cek (supaya ngga salah soal atau salah jawaban). Datanglah bala bantuan dari Mba Dina yang baik hati dan suka menolong, dan akhirnya proyek kecil ini pun selesai. Dengan langkah tegap maju jalan Andika langsung sidak ke TKP (soalnya doi mau cepet liburan kenaikan kelas hehe).

Berikut penampakannya :D

Apakah Anda juga butuh sarana latihan soal semacam ini untuk anak Anda?

Kalau iya, silahkan bergabung di kelas Schoology kami. Saat ini saya dan anak2 hanya memakainya buat menyimpan hasil latihan ulangan, jadi belum ada kegiatan lain (tugas, bahasan materi) seperti kelas online pada umumnya, tapi tentunya anak2 bisa saling kenalan dan ngobrol di timeline kelas bila diinginkan.

Berikut cara bergabung ke kelas Latihan Soal Ulangan Matematika SD Kelas 3 di Schoology:

  • Buka halaman pendaftaran di https://app.schoology.com/register.php?type=student
  • Masukkan Access Code berikut, yaitu kode unik yang dipakai siswa untuk mendaftar kelas ini: mathsdkelas3-schoology
  • Masukkan informasi pendaftaran: Nama siswa, email siswa, password, dan tanggal lahir siswa

schoology-signup-matematikasdkelas3

  • Klik button Register, selesai! Anda sudah bisa langsung masuk ke halaman depan. Klik Courses – MTK SD K3 untuk mengakses halaman kelas kita.
  • Oya Anda juga bisa download App Schoology di Google Play Store atau Apple App Store. Gratis kok :)

Rencananya saya juga akan menyiapkan kelas baru di Schoology untuk latihan soal/ujian kelas berikutnya dengan kurikulum nasional yang modelnya seperti ini, supaya ada fasilitasnya saat anak2 membutuhkan. Buat rombongan yang pengen nebeng juga, stay tune yah… kita tunggu kabar berikutnya disini ;)

PS: Ooiya buat yang pengen voluntir untuk jadi data input/quiz tester, silahkan colek saya di sari @ cerivitas.com yaa ^_^ Thanks!

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *