Kisah Menara Perta – Penjumlahan dan pengurangan dengan manik susun

Jenderal Satya mengerutkan keningnya ketika membaca pesan dari Kapten Rama.

“Menara Perta butuh tambahan pasukan lagi?”

Akhir-akhir ini daerah Perta memang sering diserang oleh bandit. Para bandit itu mengincar para pedagang di Pasar Lakku, sebuah kota pelabuhan yang menjadi pusat perdagangan beberapa wilayah di semenanjung timur kerajaan Visva.

Saat ini ada 3 menara pertahanan yang menjaga daerah Perta. Menara Perta 1 dipimpin oleh Kapten Rama. Menara Perta 2 dipimpin oleh Kapten Laksa. Menara Perta 3 dipimpin oleh Kapten Barata. Jenderal Satya memeriksa laporan di mejanya dan mengangguk-angguk.

Baiklah, kalau itu yang mereka butuhkan demi menjaga kedamaian di kerajaan Visva.

Penjumlahan tanpa menyimpan

Jenderal Satya mengirim pesan pada Kapten Laksa dan Kapten Barata.

“Kapten Laksa, tolong kirim 11 prajuritmu ke Menara Perta 1. Kapten Barata, tolong kirim 12 prajuritmu ke Menara Perta 1.”

Bila Kapten Laksa mengirim 11 pasukan dan Kapten Barata mengirim 12 pasukan, berapa jumlah pasukan yang akan diterima oleh Kapten Rama?

Tips: Susun maniknya menjadi kelompok per sepuluh, lalu gabungkan. Disini 1 set manik Puluhan dan 1 manik Satuan kita jumlahkan dengan 1 set manik Puluhan dan 2 manik Satuan. Sehingga hasil penggabungannya adalah 2 set manik Puluhan dan 3 manik Satuan. Anda juga bisa menggunakan worksheet Menara Nilai Tempat untuk membantu visualisasi puluhan dan satuannya.

11 + 12 = 23

Penjumlahan dengan menyimpan

Pertempuran dengan bandit ternyata belum selesai. Kali ini Kapten Rama yang menghubungi langsung Kapten Laksa dan Barata.

“Tolong bantu kirim 15 prajuritmu Laksa, kamu telah melatih mereka dengan sangat baik.” Ujar Kapten Rama pada Kapten Laksa.

“Barata, tolong bantu kirim 8 prajuritmu. Mereka handal dalam memata-matai musuh,” kata Kapten Rama pada Kapten Barata.

Bila Kapten Laksa mengirim 15 pasukan dan Kapten Barata mengirim 8 pasukan, berapa jumlah pasukan yang akan diterima oleh Kapten Rama?

Tips: Susun maniknya menjadi kelompok per sepuluh, lalu gabungkan. Disini 1 set manik Puluhan dan 5 manik Satuan kita jumlahkan dengan 8 manik Satuan. Sehingga hasil penggabungannya adalah 2 set manik Puluhan dan 3 manik Satuan. Anda juga bisa menggunakan worksheet Menara Nilai Tempat untuk membantu visualisasi puluhan dan satuannya.

15 + 8 = 23

Pengurangan tanpa meminjam

Pagi itu Kapten Laksa kembali menerima pesan dari Jenderal Satya.

Pilih 14 prajurit terbaikmu dan kirim mereka ke Menara Perta 1.

Kapten Laksa tertegun. Kapten Rama adalah yang paling kuat diantara mereka yang memimpin Menara Perta. Kalau ia sampai meminta bantuan lagi… apakah ia terluka dalam misi terakhirnya? Kapten Laksa bergegas masuk ke dalam komplek menara.

Menara Satuan adalah menara pengawas yang kecil. Menara tersebut memiliki 9 lantai, namun tiap lantai hanya ditempati oleh 1 prajurit. Menara Puluhan juga memiliki 9 lantai, tetapi ruangannya lebih besar; dalam tiap lantai ditempati oleh 10 prajurit. Ruangan Menara Ratusan lebih besar lagi. Walaupun sama-sama 9 lantai, dalam 1 lantai ruangannya cukup untuk menampung 100 prajurit!

Kapten Laksa segera melaksanakan perintah Jenderal Satya.

Kapten Laksa memiliki 26 prajurit di Menara Perta 2. Bila ia mengirim 14 orang prajuritnya ke Menara Perta 1, berapakah sisa prajurit yang ada di Menara Perta 2?

Tips: Untuk memperagakan pengurangan tanpa meminjam, cukup mengambil manik sesuai dengan tempat Satuan, Puluhan atau Ratusannya dan lihat sisa manik yang ada. Sehingga kita cukup memindahkan 1 set manik dari Menara Puluhan dan 4 manik dari Menara Satuan. Ternyata sisanya adalah 1 set manik dari Menara Puluhan dan 2 set manik dari Menara Satuan.

26 – 14 = 12

Pengurangan dengan meminjam

Kapten Laksa baru saja hendak mengirim pasukannya ketika tiba-tiba datang utusan dari Jenderal Satya.

“Kapten, untunglah pasukan Anda belum berangkat. Maaf, Jenderal Satya meralat perintahnya. Tolong kirimkan 9 prajurit saja ke Menara Perta 1. Ternyata Kapten Barata sudah mengirim sedikit bantuan.”

Kapten Laksa mengangguk dan menghitung ulang pasukannya.

Kapten Laksa memiliki 26 prajurit di Menara Perta 2. Bila ia mengirim 9 orang prajuritnya ke Menara Perta 1, berapakah sisa prajurit yang ada di Menara Perta 2?

Tips: Untuk memperagakan pengurangan dengan meminjam, ambil dulu manik satuan. Bila manik Satuan tidak cukup, ambil manik Puluhan untuk membantu pengurangan manik Satuan. Begitu pula bila manik Puluhan tidak cukup, ambil manik Ratusan untuk membantu pengurangan manik Puluhan.

Dalam contoh ini kita ambil 1 set manik dari Menara Puluhan, lepas, dan campur dengan 6 manik dari Menara Satuan. Dari hasil lepasan manik ini, singkirkan 9 manik. Sisa manik kita susun lagi di Menara Satuan, sehingga total sisanya adalah 1 set manik dari Menara Puluhan dan 7 set manik dari Menara Satuan.

26 – 9 = 17

Download free worksheet Menara Nilai Tempat disini:

Download

Seri Manik Susun:

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *