Game Funcity – Permainan matematika perkalian, penjumlahan dan pengurangan bersusun

game-funcityLike other boys, Andika lebih suka belajar sambil bermain. Kalau dulu Amanda saya kenalkan dengan penjumlahan bersusun step by step. Cara ini sepertinya kurang cocok dengan gaya belajar Andika, jadilah saya membuatkan permainan untuknya.

Topik: Perkalian 1-6, Penjumlahan bersusun, Pengurangan bersusun
Level: Grade 2

Alat yang dibutuhkan:
– Dadu 2 buah
– Kertas untuk menghitung poin (score sheet)
– Gambar sebuah kota dalam kertas A4, lengkap dengan jalanan dan lahan untuk rumah (the city plot)
– Gambar rumah dalam kertas kecil (the prize). Tulislah harga prize tersebut (misal: 30, 45, 100, dsb)

Tujuan permainan: mengumpulkan poin untuk membeli rumah, atau prize lain jika diinginkan. Misal, prize bisa diganti dengan gambar mobil, lalu plot nya diganti dengan gambar lahan parkir/garasi. Atau untuk anak perempuan, prize nya bisa diganti jadi baju dan plot nya diganti dengan gambar wardrobe di kamar, dsb. Use your imagination :)

Cara bermain:

– Kocok dan lempar dadu. Kalikan angka dadu yang keluar sebagai poin dan tulis di score sheet. Misal: keluar angka 3 dan 5, berarti poin nya adalah 3 x 5 = 15.
– Jumlahkan poin yang didapat dengan poin sebelumnya.
– Ganti giliran kocok dadu ke pemain lain dan kerjakan hal yang sama.
– Pemain yang poin nya sudah cukup membeli prize boleh memilih prize yang diinginkan. Tulis nama prize di score sheet pemain dan kurangkan poin pemain dengan harga prize.
– Bila setelah 10x mengocok dadu poin pemain belum cukup, tambahkan bonus pada poin pemain. Misal: semua poin pemain dikali 10. Atau semua poin pemain ditambah 100.
– Tentukan lama bermain, misal 30 menit (atau sampai capek hehe). Pemenangnya adalah yang memiliki prize terbanyak.

Pelajaran matematika:

– Ajak anak menghitung hasil perkalian angka dadu (perkalian 1 sampai 6). Saya tidak meminta anak menghafal tabel perkalian, melainkan mengenalkan perkalian ke anak-anak dengan cara penjumlahan berulang, sehingga mereka biasa menghitung perkalian dengan melakukan penjumlahan berkali-kali sampai akhirnya mereka hafal deret bilangan perkalian (misal perkalian 2 berarti 2, 4, 6, 8, 10, dst). Kedua anak saya balapan menghitung perkalian ini dan senang sekali ketika bisa menghitung lebih cepat dari saudaranya. Lihat game perkalian lainnya disini.

– Ajak anak menjumlah poin dengan melakukan penjumlahan bersusun, yaitu dengan menempatkan bilangan pada tempat nilai nya (satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dst). Bila dapat dadu 3 x 5 = 15, berarti tempatkan 5 pada tempat satuan, dan tempatkan 1 pada tempat puluhan. Bila anak baru pertama kali melalukan penjumlahan bersusun, contohkan dulu untuk menulis poin nya. Pengalaman saya dengan Andika, anak nya cepat menangkap maksud penempatan ini. Kesempatan berikutnya biarkan anak menulis dan menjumlah sendiri. Dengan permainan ini anak berlatih menjumlah bersusun dengan suatu tujuan yang jelas (mengumpulkan poin untuk mendapatkan prize), tanpa dihadapkan pada worksheet yang penuh dengan angka-angka yang tidak berarti baginya.

tambah
Contoh penjumlahan bersusun

Contoh disini poin anak sebelumnya 125. Lalu anak dapat dadu 2 x 2 = 4. Tambahkan 125 dengan 4 menjadi 129. Lalu anak dapat dadu 3 x 2 = 6. Tambahkan 129 dengan 6. Pertama tambahkan 9 dan 6, tulis 5 pada tempat satuan dan 1 pada tempat puluhan. Lalu tambahkan 1 dengan 2 di tempat puluhan, tulis 3 pada tempat puluhan. Akhirnya tambahkan 1 dan 0 di tempat ratusan, tulis 1 pada tempat ratusan.

 

 

 

 

 

 

– Ajak anak mengurangi poin dengan pengurangan bersusun, seperti cara melakukan penjumlahan bersusun. Ajarkan pula konsep meminjam pada pengurangan, contohkan dulu pengurangannya baru minta anak melakukan sendiri. Anak perlu beberapa kali melakukan latihan pengurangan dengan peminjaman. Oleh karena itu harga prize yang Anda buat sebaiknya tidak terlalu besar (pertama saya coba main saya pakai harga ratusan, tapi ternyata butuh waktu lama untuk mencapai poin tersebut sehingga latihan kegiatan mengurang tidak terlalu banyak).

kurang
Contoh pengurangan bersusun

– Puji anak setiap kali dia berhasil melakukan perkalian, penjumlahan atau pengurangan. Selamat bermain :)

 

 

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

One thought on “Game Funcity – Permainan matematika perkalian, penjumlahan dan pengurangan bersusun

  1. tri m says:

    Guru harus mau capek. Memang seharusnya matematika diajarkan dengan cara yang asyik. Salah satunya dengan dadu untuk menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Kami mencoba membuat dadu dua belas sisi dari karton untuk belajar matematika. Silahkan pelajari dadu 12 sisi untuk belajar mtk di profesorcilik.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *