Bermain Mathca MACO – Mathematics Playing Cards

mathca-box Hari Selasa yang lalu saya dan anak-anak bermain kartu Mathca, sebuah permainan kartu matematika yang dibuat oleh Gamma Edutainment. Anak2 tuh pada semangaaat banget kalau ada mainan baru. Andika langsung bongkar isi kardusnya dan ribut nanya “Gimana cara mainnya ma?”

Okelah, kita unboxing dulu…

Pada box kartu Mathca terdapat 40 kartu karakter, yaitu angka 1-10 untuk karakter PLUX (penambahan), MINUSTRO (pengurangan), MULTIBOT (perkalian), DIVIDIA (pembagian). Selain itu ada 14 kartu kondisi (penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, banned, min/max). Terlampir pula petunjuk permainan MACO dan GOOGOLA beserta playmat nya.

Kami memutuskan untuk bermain MACO dulu.

MACO adalah permainan puzzle dari kartu Mathca yang menantang anak untuk membuat persamaan, semacam begini.

Kartu Soal (Karakter) Kartu Soal (Kondisi) Kartu Pemain (Karakter) = Kartu Pemain (Karakter)
a + ? = ?
b ? = ?
c x ? = ?
d / ? = ?

Berhubung petunjuk tertulis yang kami dapat terbatas, sebenarnya kami agak bingung mengenai teknis permainannya, apakah pemain berebutan membuat persamaannya, atau bergantian? Kami lantas memainkannya dengan bergantian.

Cara bermain MACO:

  • Pisahkan kartu karakter dan kartu kondisi
  • Kocok dan bagikan kartu karakter pada pemain, sisakan untuk kartu soal. Contoh bila ada 3 pemain, berarti 40 kartu karakter tersebut kita bagi 4 (masing-masing pemain dapat 10 kartu, berikut untuk soal dapat 10 kartu)
  • Letakkan kartu soal karakter dan kondisi berjejer diatas playmat, lalu buka kartu yang paling atas
  • Misal dapat kartu karakter 4 dan kartu kondisi + sebagai kartu soal. Berarti pemain harus membuat persamaan 4 + ? = ? dengan kartu yang ada di tangannya. Contoh pemain mengeluarkan kartu 3 dan 7 sehingga 4 + 3 = 7
  • Karena kami main MACO bergantian, bila ada pemain yang tidak punya kartu untuk membuat persamaan itu, pemain tsb di skip. Kartu soal tsb disingkirkan dan ganti ke pemain berikutnya untuk membuka kartu soal yang baru
  • Pemain boleh mengisi puzzle dengan lebih dari 1 kartu, dinamakan COMBO. COMBO hanya boleh digunakan untuk karakter yang sama, misal kartu 10 dan 6 karakter PLUX bisa dijumlahkan menjadi 10 + 6 = 16. Kartu 5 dan 3 karakter MINUSTRO bisa dikurangkan menjadi 5 – 3 = 2. Kartu 2 dan 5 karakter MULTIBOT bisa dikalikan menjadi 2 x 5 = 10. Kartu 4 dan 2 karakter DIVIDIA bisa dibagi menjadi 4 : 2 = 2.
  • Untuk mempermudah anak-anak, kami memakai peraturan untuk COMBO kartunya tinggal digabung dan dijumlah, terlepas apakah kartu itu karakter PLUX, MINUSTRO, MULTIBOT atau DIVIDIA. Contoh soal 4 + ? = ? dipecahkan dengan mengeluarkan kartu 5 dan 7 MULTIBOT dan kartu 10 dan 6 PLUX, sehingga 4 + (5 + 7) = 10 + 6
  • Pemain yang pertama kali menghabiskan kartu di tangannya adalah pemenangnya. Atau, bila kartu soal telah habis, pemain menjumlah angka kartu di tangan dan pemenangnya adalah yang jumlah sisa kartunya paling sedikit.

Setelah mengubek-ubek channel youtube Mathca untuk informasi cara bermain, berikut video yang menurut saya paling informatif untuk memainkan MACO.

Di channel youtube tsb kami juga menemukan beberapa video cara bermain Mathca:

Banyak banget yah… tapi ngga apa2, justru saya seneng dari 1 mainan bisa kepake lama karena banyak cara mainnya. Apalagi Andika setiap malem kerjaannya nanya ke mamanya, “Mah, sekarang kita main apa?” :D :D :D So, buat yang lagi nyari mainan edukatif buat ngisi waktu luang yang bisa dibawa kemping, jalan2, piknik, dll dsb, kartu Mathca ini menurut saya rekomended banget.

OK, selamat bermain & sampai ketemu di ulasan permainan Mathca lainnya :)

 

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

2 thoughts on “Bermain Mathca MACO – Mathematics Playing Cards

    • sari says:

      Aku dulu beli langsung sama yg bikin mba, tapi barusan aku cari2 kok udah ngga ada ya.. dulu harganya 50rb, tp td pas aku search di bukalapak knp jadi 150rb :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *