Bermain matematika – game restoran pizza

Main sambil belajar matematika? Bring it on :D

Permainan restoran pizza ini bisa dibuat dari kertas dan crayon. Bisa dimainkan oleh lebih dari dua orang, dan bisa di modif untuk mempelajari konsep2 sederhana maupun lanjutan.

Jadi ceritanya kita mau buka Restoran yang menjual Pizza. Disini satu lembar kertas ditulis “Restoran Pizza”, dengan 10 meja dan 2 menu: Pizza Sayur dan Pizza Sosis. Pizza Sayur dibuat dari 1 Roti Pizza dan 2 topping sayur, sedangkan Pizza Sosis dibuat dari 1 Roti Pizza, 1 topping sosis dan 1 topping sayur. Bila mau menambah menu atau memvariasikan topping juga bisa, disini Andika menambah menu Pizza Jahe yang terbuat dari 1 Roti Pizza dan sepasang jahe :D

Nanti yang jadi pelanggan bisa berupa boneka, mobil, atau kertas yang digambar berupa anak laki2/anak perempuan. Pelanggan tersebut datang ke resto Pizza dan memesan menu ke Kasir. Disini kita bisa membuat 1 lembar kertas untuk “Kasir” yang isinya menu Pizza Sosis dan Pizza Sayur. Pelanggan mengambil kartu pesanan (misal: Pizza Sosis) dan duduk di meja. Lalu ada koki yang bertugas membuat pesanan pelanggan tersebut.

Disini bisa dibuat 1 lembar kertas lagi untuk “Dapur” (kalau saya disatuin aja Dapur dan Kasir dalam 1 lembar kertas). Di Dapur ada tempat penyimpanan bahan makanan. Jadi kalau ada yang pesan Pizza Sosis, maka tugas Koki adalah mengambil 1 Roti Pizza, 1 topping Sosis dan 1 topping Sayur dari tempat penyimpanan dan menyajikannya ke pelanggan. Pelanggan yang sudah selesai makan mengembalikan kartu pesanan ke kasir dan bahan makanan ke Toko Makanan.

Toko Makanan disini adalah 1 lembar kertas (saya menyebutnya Toko Freshmart) yang menjual beberapa bahan makanan seperti Roti Pizza, Topping Sosis dan Topping Sayuran. Tugas Koki adalah menentukan berapa bahan makanan yang akan dia pesan sebelum restoran buka dan membelinya di Toko Makanan. Misal, beli 4 Roti Pizza, 2 topping Sosis dan 6 topping Sayuran untuk stok saat restoran ramai. Koki juga bisa membeli bahan ketika bahannya habis.

Saya bermain bersama Amanda dan Andika; saya jadi Penjual Toko Makanan, Amanda jadi Koki dan Andika jadi Pelanggan. Ketika Amanda mau pesan bahan makanan, saya tanya mau stok berapa di dapur? Misal Amanda sebut 8 roti, lalu saya tanya sekarang ada 2 roti, berarti kurangnya berapa, mau pesan berapa roti ke toko? Kami berhitung 8 – 2, dapat 6, sehingga pesan hanya 6 roti ke toko.

Untuk konsep penjumlahan, bisa dari pesanan saat restoran buka. Andika memenuhi semua meja dengan pelanggan dan menyebutkan pesanan, Amanda menghitung harus pesan berapa roti supaya semua pelanggan dapat makanan. Harus pesan berapa sosis dan sayur?

Kedepannya untuk konsep perkalian dan konsep uang juga bisa dikenalkan dari sini. Untuk membuat pizza sayur butuh 2 topping sayur, jadi kalau mau buat 3 pizza sayur, butuh 2 x 3 topping sayur :) Untuk membeli 6 topping sayur, bila 1 topping nya harga nya 1000, maka butuh uang berapa? Bila uangnya 10000, kembaliannya berapa?

And so on and so forth. But the most important thing is, be present and have fun with your kids :)

Note: artikel permainan restoran pizza adalah tulisan lama saya di blog keluarga saya, saya copas disini buat sharing ke moms and dads. Semoga bermanfaat :)

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *