Bermain Dokedo dari permainan matematika Fundora

coverLiburan kali ini kami bermain Dokedo, sebuah permainan dari Science Factory. Permainan Dokedo dikemas bersama dua permainan lainnya dalam paket permainan matematika Fundora.

Pada permainan Dokedo, ceritanya kami harus membangun sebuah jembatan untuk menolong kawanan Dorra yang berada di seberang sungai. Siapakah yang lebih dulu dapat menyeberangi sungai? Kita ikut main yuk :)

Alat yang dipakai (semua disediakan dalam paket Fundora):

  • Papan Dokedo
  • Biji/bidak
  • Kartu angka

Cara bermain

(Lihat keterangan pada gambar)

Kesan setelah bermain

  • Permainan Dokedo cukup mudah dimengerti. Andika (7.5 th) membaca sendiri petunjuk permainan yang cukup unik yaitu berbentuk komik. Ia memilih permainan ini dari permainan lainnya (Dorino dan Doremi) dan bisa dengan benar menjelaskan pada emaknya yang belum baca petunjuk permainan haha..
  • Kartu angka yang diberikan kurang banyak :D setelah beberapa kali giliran jalan kartu kocokannya habis, sehingga kami mengocok dan memakai ulang kartu yang sudah dipakai. Bila teman-teman tidak mau repot mengocok ulang, bisa juga bermain dengan memakai kartu Remi atau kartu Uno (yang jumlahnya lebih banyak dari kartu Remi)
  • Biji bidak yang disediakan ukurannya agak kecil sehingga mudah tergeser/hilang. Biji bidak biru kami sudah hilang satu huhu… Teman2 bisa menggantinya dengan biji bidak halma atau dadu manik warna-warni
  • Permainan membuat persamaan matematika ini (tambah, kurang, kali, bagi) cukup membuat anak2 penasaran. Mereka ngajak main lagi dan lagi :D Untuk teman-teman yang suka bermain persamaan matematika, bisa juga mencoba permainan kartu matematika Matcha Maco atau Catur Kuta Bali.

Selamat bermain :)

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *