Bermain Catur Kuta Bali di Klub Pijar

Hari Senin yang lalu kami bermain matematika di Klub Pijar, salah satu komunitas homeschool Tangerang Selatan. Permainan yang dipilih adalah permainan matematika Catur Kuta Bali, yang dikembangkan oleh Paman APIQ. Permainan dimainkan oleh dua orang, misalkan Pemain A dengan bidak berwarna merah dan Pemain B dengan bidak berwarna biru.

Tujuan permainan ini adalah membentuk barisan 4 bidak berturut-turut, boleh secara tegak lurus, mendatar, atau diagonal. Pemain menjalankan bidaknya dengan cara mengurang, menambah, membagi, atau mengali (kurang, tambah, bagi, kali = KuTa BaLi). Sesuai dengan namanya, permainan ini melatih ketangkasan anak melakukan perhitungan dan strategi dalam mengantisipasi atau merespon langkah lawan.

Alat yang diperlukan:

Permainan Catur Kuta Bali ada versi board game nya, yaitu dengan papan dan bidak seperti papan dan pion catur. Karena kami tidak memilikinya, kali ini kami hanya memakai kertas dan bidak halma.

Contoh cara bermain:

  • Tentukan giliran bermain. Misalkan Pemain A memilih angka 1. Letakkan bidak A di angka 1.
  • Pemain B mengambil angka yang dipilih A yaitu 1. Agar ia dapat menempatkan bidaknya pada angka 2, B memilih angka 2, karena 1 x 2 = 2.
  • A ingin menempatkan bidak di angka 4. Karena tadi B sudah memilih 2, A tinggal memilih angka 2 karena 2 x 2 = 4.
  • B ingin menghadang A dengan menempatkan bidak di angka 8. Karena tadi A sudah pilih 2, maka B tinggal pilih 6 karena 2 + 6 = 8.
  • A ingin meneruskan langkahnya dengan menempatkan bidak di angka 12. Karena B sudah pilih 6, A memilih angka 2 karena 6 x 2 = 12.
  • B penasaran ingin melanjutkan menempatkan bidak secara vertikal. Supaya bisa parkir di angka 6, maka B memilih angka 3, karena 2 x 3 = 6.
  • Melihat itu, A bersorak girang. Ia memilih angka 5 karena 3 x 5 = 15, sehingga ia bisa menempatkan bidak di angka 15.
  • A berhasil menyusun 4 bidak mendatar, sehingga A adalah pemenangnya.

Pada permainan kami di Klub Pijar, babak penyisihan terdiri dari Mutia vs Damai, dimenangkan oleh Mutia. Sarah vs Salsa, dimenangkan oleh Sarah. Andika vs Mama Salsa, dimenangkan oleh Andika. Kemudian pada babak final, Andika vs Mutia dimenangkan oleh Mutia. Andika vs Sarah dimenangkan oleh Sarah. Mutia vs Sarah dimenangkan oleh Sarah. Oleh karena itu Juara 1 dimenangkan oleh Sarah, Juara 2 oleh Mutia, dan Juara 3 oleh Andika. Semua yang bermain dapat pin Jagoan Matematika. Selamat yaaa :D

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *