5 Tantangan Peta

Hi Moms, buat yang lagi nyari ide kegiatan belajar, kali ini saya mau share proyek saya dan anak2 untuk pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SD. Aktifitas ini bisa dilakukan di rumah maupun sebagai tugas di sekolah, menjadi tugas individu maupun kelompok. Walaupun temanya Minecraft, tugasnya bisa dikerjakan dengan kertas dan pensil (dan bonus jalan2 hehehe…)

Klik disini untuk melihat Tantangan Peta pada browser dengan jendela penuh:

cover

Berikut gambar dan penjelasan masing-masing Tantangan Peta:

Tantangan Peta 1: Menemukan lokasi pada denah berdasarkan petunjuk

Pada kegiatan ini, Anda bisa menggunakan alat bantu boneka atau orang-orangan untuk mensimulasikan arah perjalanan dari petunjuk yang diberikan. Anda dan anak-anak (atau anak-anak dalam satu kelompok tugas) bisa membaca bersama-sama dan berdiskusi tentang arah mata angin atau petunjuk lainnya. Setelah anak-anak menunjukkan rumah yang dimaksud di dalam peta, Anda bisa minta mereka untuk menjelaskan bagaimana mereka mendapatkan jawaban tersebut.

Tantangan Peta 2: Mendeskripsikan lokasi tempat dalam denah

Kali ini anak-anak diminta untuk menjelaskan (atau menuliskan) petunjuk arah menuju suatu lokasi. Dari pengalaman saya kemarin, anak2 masih butuh alat bantu orang-orangan untuk melihat sedang menghadap mana ketika berjalan dan menentukan posisi kanan/kirinya. Setelah anak-anak memberikan jawaban, Anda bisa berdiskusi tentang bagaimana memberi petunjuk jalan yang jelas, mencari jalan terdekat untuk mencapai tujuan, dll.

Tantangan Peta 3: Membuat denah dari deskripsi lokasi

Di tantangan ini, anak-anak menggambar denah dari deskripsi yang diberikan. Siapkan kertas, pensil, dan orang-orangan (teteeup :D). Silahkan menandai arah mata angin, membuat dan memberi nama jalan yang belum ada, menambahkan nama bangunan, memberi warna, dll. Setelah mengumpulkan tugas, anak-anak bisa menceritakan peta yang sudah ia buat.

Contoh Gambar

Tantangan Peta 4: Membuat denah dengan cara survey langsung ke lokasi (di Minecraft)

Sebenernya ini tugas untuk pemanasan buat tugas 5, yaitu membuat denah komplek di rumah :D pada tugas ini Anda dan anak-anak bisa nonton video yang diberikan, seolah-olah ikut tur keliling Komplek Kelinci. Siapkan kertas, pensil, orang-orangan, dan tulis arah mata angin ketika mulai. Bila masih bingung ada video petunjuk pengerjaan misi yang bisa dilihat.

Tantangan Peta 5: Membuat denah dengan cara survey langsung ke lokasi (di dunia nyata)

Di tugas terakhir ini, Anda dan anak-anak bisa jalan-jalan bersama ke sekeliling komplek rumah (atau pertokoan) sembari membuat denah. Setelah latihan di Tantangan 4, semoga sekarang sudah jago ya menggambar denahnya hehe…

Tadinya saya mau menambahkan tantangan lain yang berkaitan dengan peta seperti navigasi di Google Map, Waze, dll. Tapi mungkin itu buat next challenges aja :D Okeyy sekian dulu sharing dari saya, follow blog ini untuk ikutan seri Cerivitas Challenge yang berikutnya ^^

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

2 thoughts on “5 Tantangan Peta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *