13 Jenderal Kerajaan Bunga

papan-permainan-13bunga
13 Jenderal Bunga

Pagi menjelang. Sinar mentari berkilau menerobos barisan hijau pepohonan–tunggu dulu. Mimi mengerutkan keningnya. Pepohonan? Sejak kapan pohon tumbuh di luar jendela kamarnya? Ini kan apartemen lantai 10? Mimi duduk terbangun dan mengucek-ngucek matanya.

Padang rumput hijau membentang dihadapannya, masih lembab terkena embun pagi. Langit berwarna biru cerah, dua matahari bersinar di angkasa.

Dua matahari?? Mimi mengepalkan tangannya pada rumput yang basah. Dimana ini?

Oh tidak, ternyata Mimi berada di Kerajaan Bunga. Untuk kembali ke rumahnya, ia harus membuat ramuan yang terdiri dari biji bunga milik para Jenderal Bunga. Dapatkah kamu membantunya untuk mengalahkan 13 Jenderal Bunga?

13 Jenderal Bunga adalah permainan matematika untuk melatih anak dalam menghitung faktor & pembagian. Berikut cara mainnya.

Alat yang diperlukan

  • Dadu
  • Bidak pemain
  • Minimal 1 set kartu permainan standar
  • Papan permainan, bisa buat sendiri dengan nomor bunga: 30, 56, 84, 45, 40, 28, 42, 24, 60, 18, 80, 72, 90. Bisa juga angka lain yang diinginkan

Cara bermain

  • Pisahkan kartu Joker, As, King, Queen, dan Jack dari tumpukan kartu, kita akan bermain menggunakan kartu 2-10
  • Tentukan giliran bermain. Kocok dan bagikan kartu, misal ada 2 pemain masing-masing mendapat 7 kartu
  • Pemain pertama melempar dadu dan menjalankan bidak diatas bunga. Untuk pemain pemula, tentukan dimana start nya (misal diatas bunga no 30) dan arah jalannya (misal ke kanan/berlawanan dengan jarum jam).
  • Misal pemain A dapat dadu 3 dan mulai dari bunga no 30, berarti dia boleh jalan 3 langkah dan berhenti di bunga no 45
  • Bilangan apa yang dapat membagi kartu 45? Misal pemain A punya kartu angka 5. Nah, karena 45 bisa dibagi 5, dia boleh mengeluarkan kartu 5 tsb.
  • Lanjut ke pemain berikutnya untuk melempar dadu, menjalankan bidak dan mengeluarkan kartu pembagi nomor bunga tsb. Bila dia tidak punya kartu pembagi, dia harus mengambil kartu di tumpukan kartu tarikan, atau bila sudah tidak ada kartu tarikan, dia harus bilang pass/lewat
  • Permainan diteruskan sampai ada pemain yang berhasil mengeluarkan semua kartu yang dimilikinya atau sampai waktu yang disepakati habis. Pemenangnya adalah kartunya habis atau yang paling sedikit memegang kartu.
  • Untuk pemain tingkat lanjut, kita bisa melatih cara berpikir strategis anak dengan memperbolehkan pemain memilih start di bunga mana dan jalan ke arah mana saat memulai. Misal A ingin mulai dari bunga 45 ke arah kiri. Juga pilihan untuk bergerak ke arah mana setelah mendapat hasil lemparan dadu. Misal A dapat dadu 3 dan kali ini ingin bergerak ke kanan agar kartu yang ia miliki bisa keluar. Kita juga bisa membuat aturan “bagi kartu sampai habis dan keluarkan 2 kartu sekali jalan”. Just play around and negotiate the rules with your kids :)

sari

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak
sari

Latest posts by sari (see all)

sari

Ibu 3 anak yang suka matematika dan berbagi pengalaman dalam homeschool anak-anak

2 thoughts on “13 Jenderal Kerajaan Bunga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *